Sukses

Anak Usia 1-5 Tahun di Indonesia Belum Bisa Vaksinasi COVID-19, Kenapa Ya?

Sejauh ini, kategori usia termuda untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 adalah 6-11 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diketahui, kategori usia termuda yang bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Indonesia sejauh ini adalah usia enam hingga 11 tahun.

Orangtua yang memiliki anak dengan kategori usia di bawah itu mungkin sudah mempertanyakan, kapankah vaksinasi pada anak usia satu hingga lima tahun bisa diberikan?

Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Prof Dr dr Sri Rezeki Hadinegoro SpA(K) mengungkapkan bahwa vaksinasi pada anak memang tidak bisa dilakukan secara bersama-sama dalam semua kategori usia.

"Untuk anak ini kita tidak bisa bersama-sama. Katakan (misalnya) dari umur satu sampai 18 tahun bersama-sama," ujar Sri dalam seminar media bertema IDAI Menjawab Kegalauan Masyarakat tentang Vaksin COVID-19 pada Anak belum lama ini.

Sri menjelaskan bahwa setiap anak memiliki pertumbuhan yang berbeda pada setiap kelompok usia yang ada. Hal tersebutlah yang kemudian berpengaruh pada pemberian vaksin COVID-19.

Vaksinasi pun diberikan pada kategori usia yang lebih tua terlebih dahulu atau dalam hal ini masuk kategori remaja, karena mereka dianggap memiliki daya tahan yang cukup baik.

"Kita coba berikan dulu pada yang lebih tua karena daya tahannya paling bagus, yaitu remaja. Jadi remaja ini sama dengan dewasa," kata Sri.

Tak hanya itu, dosis yang diberikan pada remaja pun tidak memerlukan perubahan atau pengurangan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Faktor lainnya

Dalam kesempatan yang sama, Sri juga mengatakan bahwa penting untuk mengingat faktor-faktor lainnya terkait vaksinasi COVID-19 pada anak usia satu hingga lima tahun.

"Selain itu kita mesti melihat, apa sih keistimewaan tiap kelompok? Misalnya, remaja ini senangnya berkumpul, senangnya berteman, senangnya sama-sama. Jadi kerumunan ini nomor satu. Maka itu kita dahulukan," ujar Sri.

"Sekolah juga bisa dimulai karena mereka bisa segera bisa mengejar pelajaran. Mereka dosis juga tidak kita ubah dari dewasa, jadi hal-hal seperti itu menjadi pertimbangan," tambahnya.

Serta, anak dengan kategori usia satu hingga lima tahun dinilai masih dalam pengawasan orangtua penuh, yang mana orangtuanya pun diasumsikan telah melakukan vaksinasi COVID-19 lebih dulu.

Sehingga, herd immunity dalam keluarga sebenarnya sudah mulai terbentuk. 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.