Sukses

Kata Ria Enes Soal Boneka Arwah Spirit Doll

Ria Enes angkat bicara perihal spirit doll yang tengah viral akhir-akhir ini.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena spirit doll atau boneka arwah sedang ramai diperbincangkan di Indonesia. Terkait hal ini, pendongeng yang terkenal dengan boneka Suzan, Ria Enes, memberi tanggapan.

Spirit doll sebetulnya sudah ada sejak lama, sekarang ini menjadi viral karena ada figur publik yang mengadopsi sehingga hal ini meluas dan akhirnya bisa dipersepsikan macam-macam dan orang-orang awam juga bisa salah menanggapi setiap boneka,” kata Ria Enes kepada Health Liputan6.com melalui pesan suara belum lama ini.

Dengan adanya fenomena spirit doll, Ria berharap semua orang dapat mengenali masing-masing karakter boneka.

“Kalau ada boneka yang dipakai untuk media pendidikan pada anak ya itu beda banget (dengan boneka arwah),” ujarnya.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagi Pemilik Spirit Doll

Bagi pemilik spirit doll, Ria tidak bisa memberi banyak pesan dan komentar karena merasa bukan wilayahnya.

Ia hanya dapat berpendapat terkait pemilik boneka secara umum yang tak harus selalu tentang spirit doll. Menurutnya, ada sebagian orang yang hanya tertarik pada boneka karena bonekanya lucu.

“Ya sebatas itu, sebatas hobi bagi orang-orang yang punya imajinasi tinggi. Makanya artis atau seniman sampai mengadopsi boneka, mereka bisa melihat keindahan dari proses pembuatan boneka karena ada boneka yang dibuat dengan tujuan untuk dikoleksi, mungkin juga untuk permainan anak," katanya.

3 dari 4 halaman

Jangan Ikut-Ikutan

Ria juga berpesan agar masyarakat tidak serta-merta terbawa tren padahal tidak mengerti soal tren tersebut.

“Jadi jangan ikut-ikutan pada suatu hal yang kita tidak mengerti. Kalau tren baju sih masih tidak berefek, tapi kalau trennya yang memengaruhi jiwa dan pikiran please jangan ikut-ikutan," katanya.

“Jadi ya kaya saya aja, saya main boneka untuk tujuan pendidikan atau hiburan anak. Tujuan punya boneka untuk apa, kalau untuk lucu-lucuan, menghibur ponakan ya boleh saja. Jangan sampai terbawa arus pada sesuatu yang sama sekali kita tidak mengerti apalagi sampai berkomentar macam-macam,” pungkas Ria Enes

 

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah COVID-19 untuk Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.