Sukses

Berbagai Alasan Orang Dewasa Miliki Spirit Doll, Salah Satunya Kesepian

Biasanya, boneka yang dipilih sebagai spirit doll adalah berbentuk bayi yang dirawat oleh pemilik layaknya anak sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Spirit doll sedang populer karena banyak pesohor yang memilikinya. Biasanya, boneka yang dipilih berbentuk bayi yang dirawat oleh pemilik layaknya anak sendiri.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang jadi memiliki spirit doll. Pada orang dewasa, memiliki spirit doll bisa jadi karena mereka memiliki kebutuhan untuk memelihara atau merawat orang lain seperti disampaikan psikolog klinis Kasandra Putranto.

Selain itu, lanjut ia, adanya kebutuhan sosial yang tidak terpenuhi. Misalnya perasaan kesepian atau tidak memiliki banyak teman sehingga menggunakan spirit doll sebagai pengganti.

Kemudian, kebutuhan untuk berimajinasi dengan peran tertentu yang dimainkan bersama boneka tersebut. Misalnya, spirit doll dapat menjadi pengganti anak bagi mereka yang menginginkan anak.

"Selain itu untuk hiburan, konten, marketing, untuk memperoleh kekayaan dan kemasyhuran, atau memang ada gangguan seperti Anatoly Moskvin (sejarawan yang membuat mayat gadis menjadi boneka)," lanjutnya seperti mengutip Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wajar Enggak Punya Spirit Doll?

Kasandra mengatakan bahwa wajar bila ingin memiliki dan bermain bersama boneka tersebut. Asal pemiliknya sadar bahwa yang ia miliki itu adalah benda mati.

"Sebenarnya wajar-wajar saja untuk bermain dengan spirit doll selama pemilik sadar bahwa benda itu hanya boneka dan tidak dapat menggantikan sosok anak atau teman," kata Kasandra.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.