Sukses

Aha! Mandi Air Dingin dan Tertawa Bisa Turunkan Berat Badan

Berapa banyak dari kita mungkin akan sebal dan kesal ketika melihat teman dekat dapat menghabiskan seporsi cheesecake dan selalu mengemil cokelat, tapi badannya masih terlihat langsing.

Sebenarnya, rahasia dari langsingnya teman Anda tersebut adalah karena ia memiliki metabolisme yang baik. Metabolisme berarti tingkat di mana tubuh dapat membakar makanan yang dimakan.

Beberapa peneliti bahkan berpendapat bahwa metabolisme yang baik dapat mengalahkan setiap rezim diet Anda.

Seperti dilansir Times of India, Senin (7/1/2013) ada beberapa cara berbeda dan tentunya mudah untuk mempercepat tingkat metabolisme dalam tubuh Anda:

1. Rajin mengonsumsi nanas

Buah nanas memiliki bromelain yang secara langsung berdampak pada sistem pencernaan dengan membantu penyerapan nutrisi. Seorang dokter kedokteran olahraga dari New York menginformasikan bahwa itu digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Dan, bromelain dalam buah dapat membantu sel-sel pankreas untuk memecah zat makanan.

2. Makan makanan pedas

Cabe dikatakan mampu untuk meningkatkan metabolisme. Sebuah studi mengatakan bahwa zat capsaicin yang dihasilkan oleh makanan pedas mampu mengoksidasi lapisan lemak.

3. Mandi dengan air dingin

Anda dapat menghancurkan beberapa kilogram lemak yang ada di tubuh Anda dengan cara mandi air dingin. Ketika Anda mandi dengan air dingin, akan menyebabkan Anda menggigil. Menggigil dapat meningkatkan metabolisme karena kontrak otot Anda bekerja.

Seperti tubuh mencoba untuk mendapatkan kembali temperatur normal, ia mencoba untuk memanaskan dan mengaktifkan kembali daya tahan tubuh Anda dan melepas lebih banyak sel darah putih.

Mandi air dingin juga bekerja sangat baik dengan sistem getah bening yang mampu membawa cairan naik melalui tubuh. Hujan juga dipercayai dapat meningkatkan sirkulasi.

4. Tertawa

Para peneliti mengatakan bahwa tertawa riang sebanyak 100 kali setara dengan mengeluarkan energi selama 10 menit untuk Anda mendayung atau 15 menit Anda bersepeda.

Tertawa dapat mengurangi hormon stres yang pada gilirannya membantu meningkatkan metabolisme seseorang.

Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah antibodi yang mampu memproduksi sel T. (ADT/IGW)