Sukses

Wajib Tahu! Ini 4 Tips Diet yang Aman untuk Ibu Hamil

Diet yang aman untuk ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta - Diet adalah pola makan khusus yang memiliki tujuan tersendiri. Menurunkan berat badan, menambah berat badan atau mempertahankan berat badan dapat dilakukan dengan diet.

Siapa saja dapat melakukan diet, termasuk ibu hamil. Saat hamil, perempuan akan mengalami pertambahan berat badan yang signifikan, namun tetap ada batasan normalnya.

Ibu hamil yang melakukan diet biasanya mengalami masalah berat badan, seperti kekurangan berat badan atau kelebihan. Hal yang bikin berbeda dengan diet biasanya yaitu, diet ibu hamil mengacu pada perbaikan kebiasaan makan dan memastikan nutrisi terpenuhi.

Dalam sehari, ibu hamil membutuhkan kurang lebih 300 kalori tambahan. Berikut Liputan6 rangkum dari Dream, Jumat (3/12/21) cara diet alami bagi ibu hamil.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Konsumsi Makanan Sehat

Bagi ibu hamil, makanan terbaik yaitu buah dan sayur. Namun, perlu juga mengonsumsi makanan berkarbohidrat, seperti roti, gandum, nasi, sereal, pasta atau oatmeal.

Setidaknya, ibu hamil konsumsi 6-11 kali makanan berkarbohidrat. Begitu juga dengan protein, ibu hamil membutuhkan kurang lebih 27 mg protein.

Diketahui, protein sangat penting untuk perkembangan janin. Makanan yang dapat dikonsumsi, seperti daging ayam dan sapi.

3 dari 6 halaman

2. Mengatur Pola Makan

Makan dalam porsi secukupnya dan disesuaikan dengan kebutuhan. Makan berlebihan saat hamil, akan menambah berat badan dan membuat perkembangan janin jadi terganggu.

Hindari makanan setengah matang atau tidak matang terutama daging saat hamil. Tak hanya itu, sayuran mentah dan setengah matang juga tidak baik dikonsumsi.

4 dari 6 halaman

3. Konsumsi Camilan Sehat

Memang saat hamil perut akan terasa lebih mudah lapar. Ibu hamil dapat mengonsumsi camilan sehat jika mengalami lapar terus menerus.

Hindari camilan yang mengandung lemak tinggi seperti cokelat manis, biskuit dengan lemak yang tinggi dan kripik kentang. Ibu hamil dapat menggantinya dengan sandwich, salad buah, atau yogurt.

Buah dan sayuran juga dapat menggantikan camilan dengan gula yang berlebihan. Perlu diketahui, konsumsi gula berlebih saat hamil dapat menambah berat badan bayi secara signifikan.

5 dari 6 halaman

4. Olahraga Ringan

Hamil bukan menjadi halangan untuk tidak berolahraga. Ibu hamil dapat menjalani olahraga seperti yoga ibu hamil, berenang, atau sekedar berjalan-jalan santai.

Lakukan olahraga ringan secara rutin dan konsisten. Jika perlu, ibu hamil dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih jenis olahraga.

 

Penulis: Alicia Salsabila

6 dari 6 halaman

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.