Sukses

BPJS Kesehatan Sabet Penghargaan Best Social Economy Contribution

Penghargaan Best Social Economy Contribution untuk BPJS Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - BPJS Kesehatan berhasil menerima Penghargaan 3rd Indonesia Best Financial Brands Award 2021 sebagai Best Social Economy Contribution kategori Asuransi Sosial. Acara ini diselenggarakan oleh The Iconomics Research Consulting pada Jumat, 19 November 2021.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menyebut, penghargaan tersebut termasuk satu persembahan bagi para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan masyarakat Indonesia.

“Ini merupakan satu penghargaan yang luar biasa. Dalam penyelenggaraan program JKN-KIS, kami ingin memberikan kontribusi bukan hanya di sektor ekonomi, melainkan di sektor sosial," terang Ghufron melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Sabtu (20/11/2021).

"Kami juga ingin menjaga mutu layanan. Oleh karena itu, kami saat ini telah membuat simplifikasi layanan sehingga peserta JKN-KIS sudah mengetahui kapan mereka akan dilayani di fasilitas kesehatan."

Dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan telah mendorong seluruh pihak untuk bersama-sama menciptakan inovasi, khususnya bidang pelayanan kesehatan dan diperlukan wadah untuk menguji, apakah inovasi tersebut dapat diimplementasikan.

"Saat ini, BPJS Kesehatan telah menghadirkan kemudahan pelayanan dengan mengalihkan layanan konvensional di Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota ke layanan digital, seperti Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) dan Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165," terang Ghufron.

"Ada juga layanan Chat Assistant JKN (CHIKA). Dengan begitu, segala urusan peserta JKN-KIS bisa terpenuhi dengan mudah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transformasi Era Digital

Pada kesempatan yang sama, Founder & CEO The Iconomics, Bram S. Putro mengatakan, institusi dituntut melakukan transformasi di era digital. Mereka harus menghadirkan banyak inovasi dan menunjukan kepemimpinan yang baik demi menciptakan kedekatan kepada seluruh mitra kerjanya.

Penghargaan 3rd Indonesia Best Financial Brands Award 2021 diberikan kepada sejumlah bank umum, perusahaan pembiayaan, perusahaan sekuritas, dan perusahaan financial technology di Indonesia.

"Pandemi saat ini telah mendorong kehidupan kita ke arah digitalisasi. Artinya, dunia telah bergerak cepat dan dinamis. Ditambah dengan pertumbuhan kaum milenial yang begitu pesat, proses digitalisasi semakin dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," jelas Bram.

"Ini bisa dijadikan sebagai peluang bagi para instansi untuk merubah konten dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya."

Perihal penentuan pemberian penghargaan, lanjut Bram, pihaknya menggunakan empat pendekatan dalam memilih perusahaan yang layak diberikan apresiasi. Pertama, berdasarkan brand awareness. Kedua, berdasarkan brand image.

Ketiga, berdasarkan customer service reputation. Keempat, berdasarkan social contribution reputation. Penghargaan ini hanya diberikan kepada brand perusahaan yang memiliki nilai tertinggi di 4 kategori di atas.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.