Sukses

8 Manfaat Mangga untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Buah mangga yang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya, menghasilkan manfaat yang menakjubkan.

Liputan6.com, Jakarta - Mangga merupakan buah tropis yang berbentuk lonjong dan biasanya seukuran dengan jeruk bali. Buah mangga memiliki kulit yang menarik, karena warnanya yang bervariasi seperti kuning-hijau hingga merah-hijau tergantung pada jenisnya.

Mangga memiliki daging berwarna kuning hingga oranye dengan tekstur yang lembut dan rasa yang lezat juga segar. Buah satu ini memiliki sederet kandungan nutrisi di dalamnya, seperti, vitamin C, fosfor, asam pantotenat, kalsium, selenium, dan zat besi.

Seperti kebanyakan buah lainnya, mangga memiliki beberapa manfaat yang luar biasa. Kandungan nutrisi dalam mangga inilah yang menjadikan manfaat buah mangga baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut 8 manfaat mangga untuk kesehatan rambut dan kulit seperti dilansir Dr Health Benefits, Kamis (28/10/2021).

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Sebagai Masker Rambut Alami

Buah mangga menjadi salah satu masker rambut yang terbuat dari bahan alami dan bebas bahan kimia yang paling menakjubkan untuk rambut kering dan tidak rata. Cara untuk membuat masker rambut dari buah mangga ini cukup mudah, dengan cara menumbuk buah mangga dan dicampur dengan dua hingga tiga kuning telur dan yogurt.

Oleskan masker rambut ini secara bebas pada helai rambut Anda, terutama di ujungnya, dan biarkan selama 45 menit. Setelah itu cuci bersih dengan diikuti dengan kondisioner, dan Anda akan memiliki rambut yang lebih lembut dan mudah diatur.

3 dari 10 halaman

2. Membuat Kulit Lebih Glowing

Mangga mengandung beta-karoten dan vitamin A, sehingga baik untuk membuat kulit terlihat lebih cerah. Caranya dengan lumuri seluruh kulit dengan buah mangga dan biarkan selama 30 menit. Beta-karoten dan vitamin A yang ada dalam mangga, dapat membantu mencerahkan kulit kusam dan mengubah kulit menjadi cerah.

4 dari 10 halaman

3. Mengurangi Ketombe

Vitamin A yang terkandung dalam mangga berguna untuk menghilangkan ketombe yang mengganggu, mengeringkan kulit kepala dan menahan kilau rambut. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin E yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan lebih melancarkan sirkulasi kulit kepala.

Anda dapat menggunakan mangga sebagai perawatan rambut secara konsisten dengan bahan alami untuk hasil yang lebih maksimal.

5 dari 10 halaman

4. Membersihkan dan Mengeksfoliasi Kulit

Biasanya Anda dapat mencampurkan buah mangga yang sudah dihancurkan dengan tepung beras, ini berguna untuk membersihkan kulit. Namun, itu adalah metode yang sangat umum, sehingga mungkin Anda pernah mencobanya.

Selain metode tersebut, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh bubuk almond, satu sendok teh oat yang dihancurkan dengan tumbukan buah mangga, dan susu mentah untuk eksfoliasi. Oleskan campuran tersebut ke seluruh tubuh, biarkan selama 15 menit dan gosok dengan lembut, lalu bersihkan dengan air hangat.

Sedangkan untuk membuat lulur, Anda dapat menumbuk mangga, nektar, dan gula merah. Dengan menggunakan lulur ini secara konsisten, akan membuat kulit Anda menjadi lebih halus dan kenyal.

6 dari 10 halaman

5. Membantu Atasi Jerawat

Beta-karoten yang terdapat di dalam mangga, dapat membantu melawan peradangan kulit. Caranya dengan oleskan mangga tumbuk disaat waktu malam dan biarkan selama 60 menit.

Anda juga bisa memanaskan mangga mentah hingga airnya berkurang setengahnya yang berguna sebagai astringent wajah untuk menghilangkan peradangan kulit secara alami. Gunakan astringent mangga secara konsisten di seluruh bagian untuk menghilangkan kulit berjerawat, jerawat, dan bekas luka.

 

7 dari 10 halaman

6. Mencegah Rambut Rontok

Biji buah mangga adalah tempat penyimpanan beberapa mineral, nutrisi, dan lemak tak jenuh. Kandungan-kandungan ini dapat membantu untuk mengurangi rambut rontok. Caranya dengan kupas lapisan luar biji mangga dan masukkan ke dalam wadah berisi minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jarak dan minyak almond.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan minyak mustard di siang hari selama 3 sampai 5 hari dan gunakan minyak ini secara rutin untuk mencegah rambut rontok. Minyak ini juga membantu untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut Anda terlihat gelap, dan lebat.

8 dari 10 halaman

7. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Bagi wanita yang berusia akhir tiga puluhan, biasanya sedang menghadapi tanda-tanda penuaan. Namun, dengan buah mangga ini akan menjadi pelindung kulit Anda.

Caranya cukup tambahkan ke dalam campuran sayuran Anda dan makanlah secara rutin. Cara ini akan mengurangi kerutan, bintik-bintik kusam, dan garis-garis halus. Kulit Anda juga akan terlihat lebih kencang dan cerah sepanjang waktu.

9 dari 10 halaman

8. Pencuci Wajah Alami

Untuk menjadikan buah mangga sebagai pencuci wajah alami caranya cukup mudah, siapkan mangga yang telah ditumbuk dengan bubuk almond selanjutnya campurkan. Oleskan ke wajah Anda dan gosok dengan lembut selama beberapa menit, setelah itu bilas untuk menghilangkan sisa-sisanya dari wajah Anda.

Nah, itulah manfaat buah mangga untuk kesehatan rambut dan kulit. Saat Anda mencobanya, pastikan juga untuk menggunakan secara konsisten agar terlihat hasil yang memuaskan.

 

Penulis: Vania Dinda Marella

10 dari 10 halaman

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.