Sukses

Waspada, Gigi Berlubang Bisa Sebabkan Penyakit Jantung

Gigi berlubang dapat menyebabkan penyakit jantung ringan hingga kronis.

Liputan6.com, Jakarta - Masih banyak orang yang berasumsi bahwa masalah gigi berlubang adalah hal yang sepele. Nyatanya, infeksi pada gusi dan gigi dapat menyebabkan penyakit fatal seperti penyakit jantung.

Hal ini karena oleh kuman pada gigi berlubang yang terbawa ke jantung melalui pembuluh darah.

"Di mulut kita itu banyak pembuluh darah yang terhubung dengan jantung jadi gusi dan kita juga terhubung ke jantung melalui pembuluh darah, " kata dokter spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah Vito Damay, dikutip dari akun tiktok @doktervito, Kamis (16/9/2021).

"Kebanyakan kalau jarang sikat gigi itu semua apalagi kalau gigi berlubang kuman di gigi berlubang turun ke jantung melalui pembuluh darah jantung, membuat kerusakan katup jantung, klep nya bocor, jantungnya bengkak, bahkan lemah jantung."

Gigi berlubang terjadi ketika bakteri penyebab pembusukan bersentuhan dengan gula dan pati dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kemudian, bakteri tersebut menghasilkan asam yang menyerang lapisan permukaan gigi.

Kondisi ini dapat diperparah ketika pembersihan gigi tidak dilakukan secara tepat dan teratur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merawat gigi membantu mencegah penyakit jantung

Maka dari itu, lebih baik mencegah terjadinya gigi berlubang. Berikut ini beberapa cara merawat gigi dan mulut yang bisa dilakukan, melansir laman Medical News Today:

1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari Secara Teratur

American Dental Association merekomendasikan untuk menyikat gigi secara teratur 2 kali sehari selama 2 menit. Lakukan rutinitas ini setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

2. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Pilihlah sikat gigi dengan ujung kepala yang mengecil dan bulu halus. Sikat gigi jenis ini dapat menjangkau seluruh area permukaan gigi.

Gunakan pula pasta gigi mengandung fluoride agar gigi tetap kuat dan terhindar dari gigi berlubang.

3. Bersihkan Sela-Sela Gigi

Untuk menjaga kebersihan rongga mulut, penting untuk membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus (dental floss) minimal satu kali sehari.

Langkah ini berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak dapat terangkat oleh sikat gigi.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat Bergizi

Perbanyaklah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Batasi pula makanan atau minuman yang dapat menjadi penyebab gigi berlubang.

5. Rutin Kontrol ke Dokter Gigi

Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin dengan dokter gigi setiap enam bulan sekali. Ini merupakan langkah penting untuk membantu mencegah kerusakan gigi dan radang gusi.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini