Sukses

Mau Punya Hewan Peliharaan, Sanggup Jalani 3 Komitmen Ini Seumur Hidup?

Tiga komitmen calon pemilik hewan peliharaan harus dilakukan seumur hidup

Liputan6.com, Jakarta - Tiga komitmen harus dimiliki seseorang yang ingin memelihara binatang. Bila ada salah satu komitmen yang dirasa berat untuk dilakukan, sebaiknya pikir ulang untuk memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau apa pun.

Adapun tiga komitmen yang harus dipegang teguh calon pemilik hewan peliharaan, yaitu komitmen seumur hidup, komitmen waktu, dan komitmen biaya, begitu kata Corporate Affairs Manager PT Royal Canin Indonesia, Novi Wulandari.

Novi yang juga bergelar dokter hewan (drh), mengatakan, binatang seperti anjing pada dasarnya senang bermain. Sehingga dibutuhkan komitmen waktu dari pemilik hewan peliharaan (pet owner) agar bisa mengajak peliharaannya menikmati dunianya.

"Jadi, harus punya waktu berlatih dan bermain. Mereka (pet owner) juga harus punya waktu untuk tetap bersama dengan pet-nya selama hidupnya mereka," kata Novi saat konferensi pers virtual Sayangi Lebih Lakukan Lebih bersama Royal Canin Club belum lama ini.

Menurut Novi, tidak sedikit pet owner yang senang memanjakan hewan peliharaan miliknya ketika kecil, tapi begitu tumbuh besar malah 'lepas tangan'.

"Waktu kecil, kalau orang Jawa bilang, bisa diuyel-uyel, tapi kok gede-nya begini. Makannya tambah banyak, harus ke dokter, dan segala macamnya," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Juga Asupan Nutrisi Hewan Peliharaan

Itu mengapa, lanjut Novi, komitmen biaya juga menjadi penting saat memutuskan memelihara hewan tertentu. Sebab, selayaknya mahluk hidup, hewan peliharaan pun butuh asupan makanan sehingga penting bagi pet owner untuk peduli akan nutrisi dan kesehatan hewannya.

Termasuk, kapan hewan peliharaan sebaiknya dibawa ke dokter hewan untuk diperiksa. Novi, menekankan, jangan tunggu hewannya sakit dulu baru dibawa ke dokter.

"Setidaknya harus diperiksa dua kali setahun. Kalau hewan peliharaan kita sehat, akan berdampak juga untuk lingkungan dan kita juga tenang karena tidak membawa kuman penyebab zoonosis di rumah," ujarnya.

Lebih lanjut Novi, menjelaskan, segala keperluaan yang berkaitan dengan hewan peliharaan tidak sama. Harus disesuaikan dengan usia, jenis, dan gaya hidup.

Dengan kehadiran Royal Canin Club, diharapkan dapat membantu calon pet owner dalam menghadapi sejumlah hal yang berkaitan dengan hewan peliharaannya.

"Royal Canin Club sangat concern akan hal itu. Royal Canin Club ini kayak kotak harta karun. Di mana pet owner bisa berinteraksi dan mendapatkan benefit, seperti ilmu pengetahuan tentang kesehatan hewan tersebut," katanya.

"Misal kucing persia, akan mendapatkan informasi persia itu seperti apa, karakternya bagaimana, nutrisinya juga bagaimana," Novi menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Royal Canin Club

Royal Canin, salah satu nutrisi kesehatan hewan kesayangan yang banyak direkomendasikan dokter hewan di seluruh dunia, secara resmi meluncurkan Royal Canin Club. Sebuah aplikasi program loyalitas yang memberikan penghargaan kepada pet parents (pemilik hewan kesayangan) di Indonesia berupa berbagai keuntungan terbaik bagi para anggota, reward, dan tip perawatan hewan kesayangan yang bermanfaat.

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu para pet parents untuk berbuat lebih banyak lagi dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan hewankesayangan mereka.

Sebuah survey dari Rakuten Insight pada Januari 2021 diketahui bahwa 47 persen responden di Indonesia memiliki kucing, sedangkan 10 perse responden lainnya memelihara anjing. Selain penyesuaian gaya hidup, tren adopsi hewan tentunya turut menambah populasi hewan kesayangan di Indonesia.

Penambahan tersebut beriringan dengan peningkatan kebutuhan teman pendamping dalam melawan perasaan stres dan kesepian di masa pandemi yang membatasi aktivitas sehari-hari.

Sayangnya, dampak baik bagi manusia ini juga diikuti pengaruh negatif pada hewan kesayangan. Sebuah studi dari University of York, England yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE pada September 2020 menyebutkan bahwa kondisi pembatasan kegiatan di masa pandemi COVID-19 menimbulkan kekhawatiran baru di kalangan pet parents, yaitu mencakup keterbatasan aktivitas fisik hewan kesayangan, menurunnya akses terhadap perawatan hewan, hingga kemampuan hewan kesayangan dalam beradaptasi di era pasca pandemi nanti.

Atas dasar inilah Royal Canin menghadirkan Royal Canin Club sebagai pedoman dalam menjaga pertumbuhan dan kesejahteraan hewan di masa depan, yaitu dengan memberikan perawatan dan nutrisi yang tepat di setiap tahap kehidupan agar mereka dapat hidup secara optimal dan bahagia.

“Royal Canin, sebagai salah satu pemimpin global dalam hal nutrisi kesehatan hewan kesayangan berkomitmen untuk berbagi pengetahuan dan solusi nutrisi untuk kucing dan anjing. Melalui aplikasi Royal Canin Club, pet parents kini dapat dengan senang hati berbelanja dan menikmati perjalanan memelihara hewan kesayangan mereka serta mengakses kebutuhan hewan kesayangan karena aplikasi tersebut menyediakan promo eksklusif, voucher, platform e-learning, tip, lokasi toko,dan rekomendasi produk hewan kesayangan di setiap tahap pertumbuhan hewan kesayangan dan poin reward yang dapat digunakan kapan saja dengan nyaman," kata PRO Pillar Head Royal Canin Indonesia, Rani Achyar.

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.