Sukses

Gunanya Melatih Seni Anak di Masa Pandemi COVID-19

Asah terus kreativitas dan seni anak di masa pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Pembelajaran tatap muka (PTM) di Pulau Jawa dan Bali dilarang seiring diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat pada 3 hingga 20 Juli 2021 karena kasus COVID-19 yang masih tinggi.

Membuat semua orang harus melakukan kegiatan sekreatif mungkin guna membunuh rasa bosan selama di rumah saja.

Founder Ganara Art Studio, Tita Djumaryo, kegiatan kreatif selama masa pandemi bagus dilakukan karena dapat melatih otak, terlebih di masa-masa seperti sekarang ini, saat semua orang melakukan sebuah kegiatan secara daring atau online. 

Menurut Tita saat jadi pembicara di Instagram Live @hometowndiary.id belum lama ini, anak pun bisa dilatih kepekaannya melalui seni. Apa pun bentuk seninya, bernilai baik. Mau seni tarik, musik. maupun seni gambar. 

Bila anak di rumah terus tapi kepekaannya melalui seni tidak dilatih, mereka tidak terasah rasa, karsa, dan empatinya. 

"Dan, mereka pun bisa melupakan sejenak kondisi yang terjadi saat ini," kata Tita. 

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berkreasi dengan Botol Bekas

Pada acara tersebut, wanita yang akrab disapa Miss Tita, melakukan tutorial upcycling, yaitu kegiatan penggunaan kembali barang secara kreatif menggunakan kemasan Hometown Dairy.

Ternyata dengan melukis permukaan kemasan menggunakan cat akrilik dan penggunaan gunting, botol bisa diubah menjadi pot tanaman yang dapat digunakan kembali dan menjadi karya yang cantik untuk dipajang di rumah.

Kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk mengasah kreativitas serta meningkatkan bonding antar anggota keluarga selama di rumah saja. Tita mengatakan bahwa di dalam berkreasi juga diperlukan nutrisi seimbang.

“Sebenarnya anak-anak penuh energi tetapi kalau tidak ada asupannya akan lemes juga. Tidak bisa dipungkiri kalau kita harus di rumah saja gizi seimbang sangat penting karena kalau tidak bergerak tetapi makannya tidak dijaga, bisa menuju obesitas. Susu Hometown Dairy sangat membantu karena tidak ada tambahan pemanis sehingga anak-anak tidak terjadi sugar rush,” katanya.

Tita lalu menambahkan bahwa kalau anak-anaknya benar-benar kreatif, orangtua juga punya ide seperti mengunggah hasil karya anaknya di sosial media dan jadikan itu seperti galeri.

 

3 dari 3 halaman

Kegiatan Menyenangkan

Dalam rangka memberikan semangat kepada masyarakat selama Pembelajaran Daring (School From Home) dan PPKM Darurat, salah satu brand Hometown Dairy mengadakan IG Live Talkshow series selama bulan Juli dengan berbagai topik menarik setiap Sabtu pukul 11.00-12.00 WIB di Instagram @hometowndairy.id.

Kegiatan ini sebagai upaya memberikan tips kepada masyarakat, salah satunya adalah berkreasi dengan Happy di Tengah Pandemi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.