Sukses

5.200 Perawat di Jabar Terpapar COVID-19, 45 Diantaranya Gugur Dalam Tugas

Liputan6.com, Bandung Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat mencatat sebanyak 45 perawat wafat. Itu merupakan jumlah perawat yang wafat dari 2020-2021.

Menurut Ketua PPNI Jawa Barat Wawan Hernawan, pada 2020 ada 42 perawat meninggal ditambah tiga orang di tahun 2021. Wawan mengatakan penyebab wafatnya perawat yang terpapar COVID-19 di tahun 2020 karena belum diberikan vaksin dan kualitas rendah alat pelindung diri (APD).

"Sekarang kan sudah bagus nih. Begitu pemerintah turun tangan APD sudah murah (harganya) lagi. Saya bersyukur bahwa masyarakat sekarang ini punya kepedulian. Kedua pemerintah daerah juga sudah ada kepedulian terhadap perawat," ujar Wawan kepada Liputan6.com, Bandung, Kamis, 10 Juni 2021.

Wawan mengatakan sedangkan untuk jumlah perawat yang terpapar positif COVID-19 periode 2020 - 2021 mencapai 5.200 orang.

 

2 dari 4 halaman

Sudah Sembuh

Seluruh perawat yang terpapar COVID-19 itu, sebagian besar kini telah sembuh. Mereka ucap Wawan, para perawat itu kembali bertugas melayani masyarakat.

"Usai menjalani isolasi, baik di rumah maupun di pusat - pusat isolasi yang telah ditunjuk pemerintah mereka sembuh. Ada juga yang menjalani isolasi di rumah sakit tempat mereka bertugas. Hanya satu persen lagi yang masih dirawat," ungkap Wawan.

Wawan menjelaskan untuk keluarga perawat yang ditinggalkan karena gugur dalam tugas, PPNI Jawa Barat memberikan bantuan berupa berbagai suplemen vitamin dan uang tunai.

Selain itu, PPNI Jawa Barat juga ikut membantu membiayai sekolah putra - putri perawat yang ditinggalkan. Sehingga putra - putri perawat itu dapat mengikuti sekolah gratis.

3 dari 4 halaman

Infografis: Setahun Pandemi Covid-19, Pariwisata Dunia dan Indonesia Terpuruk

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.
    Corona