Sukses

Ingin Kembali Aktif Setelah Lebaran, Olahraga Apa yang Cocok Dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta - Momentum setelah Idul Fitri seringkali dijadikan langkah awal bagi mereka yang ingin aktif melakukan olahraga.

Alasan terbesar yang cukup sering terlontar dari mulut, tidak lain karena berat badan yang malah melonjak selama Ramadan dan Lebaran.

Lantas, apa boleh seseorang yang tidak rajin berolahraga mendadak ingin aktif bergerak?

Seorang dokter dan peneliti bidang kardiovaskular, Gusti Rizky Teguh Riyanto MD PhD, rutinitas olahraga sebaiknya dilakukan secara perlahan dan bertahap.

Mau berapa pun angka di timbangan saat ini, tidak baik jika 'balas dendam' dengan berolahraga mati-matian.

"Untuk aktivitas fisik, tubuh kita perlu melewati proses adaptasi agar tidak 'kaget' dengan latihan intensif yang mendadak," kata Rizky dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 27 Mei 2021.

Rizky mengingatkan bahwa sebagian besar masalah kesehatan yang timbul saat memulai latihan intensitas tinggi terjadi karena kita memaksa tubuh untuk bergerak tanpa beradaptasi.

Dia pun menjelaskan bahwa jantung kita mungkin belum siap menghadapi rutinitas intensif. Ketika ini terjadi, serangan jantung dapat muncul, disertai risiko kesehatan lainnya seperti aritmia.

Gejala yang dirasakan yaitu nyeri dada, sesak, atau pingsan. Selain itu, kemungkinan terjadinya cedera tulang, sendi, dan otot juga meningkat, dan tubuh bisa mengalami kram, keseleo/terkilir, atau bahkan patah tulang.

“Hal-hal penting yang perlu diperhatikan adalah pastikan selalu kapasitas tubuh sebelum memulai rutinitas olahraga, kondisikan asupan nutrisi, pastikan jadwal tidur atau istirahat Anda normal sehingga Anda merasa segar saat berolahraga, dan mulai dengan latihan dengan intensitas lebih rendah kemudian perlahan tingkatkan intensitasnya hingga Anda kembali ke rutinitas yang sesuai. Saya sarankan untuk memulai dengan olahraga ringan seperti jalan pagi selama 30 menit,” ujarnya.

 

 

2 dari 4 halaman

Tips Bugar Setelah Liburan Lebaran

Artis yang sejak 2018 menjadi instruktur STRONG Nation™, Cut Memey, membagikan tips agar semakin bugar setelah liburan Ramadan dan Lebaran.

“Mulailah dengan latihan berintensitas rendah, karena sebagian dari kita tidak berolahraga sama sekali selama bulan puasa. ketahanan fisik kita sudah pasti menurun, tapi bukan berarti tidak bisa ditingkatkan. Kuncinya adalah memulai dengan perlahan tetapi selalu konsisten,” ujar Cut Memey.

Cut Memey juga menjelaskan bahwa tidak ada masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan ketika kita mulai berolahraga dengan tujuan yang cerdas dan strategis. Sebab, tingkat daya tahan kita menurun setelah sebulan berpuasa, dan STRONG Nation™ merupakan latihan HIIT intensitas tinggi, dan peserta harus memulai dengan gerakan berintensitas rendah.

Ketika tubuh kita mulai terbiasa, intensitas bisa ditingkatkan, dan setelah daya tahan tubuh kembali kita bisa meningkatkan kapasitas kita dengan gerakan yang maksimal.

 

3 dari 4 halaman

Tips dari Marcell Siahaan

Marcell Siahaan, seorang aktor dan penyanyi yang baru-baru ini menjadi instruktur STRONG Nation™, juga membagikan tips agar tetap sehat setelah bulan puasa.

“Saya sangat senang melihat banyak murid STRONG Nation™ memertahankan gaya hidup sehat dengan mengikuti sesi secara teratur, bahkan saat berpuasa. Sepanjang bulan puasa, mengurangi intensitas rutinitas olahraga sangatlah penting. Sekarang, kita harus mengubah tujuan transformasi tubuh kita dan mencapai target. Namun, sangat penting untuk memulai dengan perlahan, dan beradaptasi dengan kemampuan tubuh kita saat ini,” kata Marcell.

“Bagi sebagian dari kita, memulai rutinitas dengan intensitas tinggi sangat sulit. Namun, selama kita fokus pada tujuan, kita akan terus semangat, terutama dengan STRONG Nation™ sebagai olahraga yang menyenangkan. STRONG Nation™ dirancang khusus dengan musik untuk menyelaraskan setiap gerakan dan membantu Anda meningkatkan kemampuan di setiap sesi. Mari kita menjadi sehat dan bugar usai merayakan Ramadan. Kita bisa mencapai ini dengan memulai perlahan, 10-30 menit sesi STRONG Nation™ minimal tiga kali seminggu, dengan memilih intensitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita,” Marcell menekankan

 

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini