Sukses

Berhenti Merokok Tak Perlu Pakai Tenaga Dalam, Cukup Ditotok

Liputan6.com, Jakarta: Metode totok di sembilan titik yang dikenal dengan terapi SEFT (Self Emotion Freedom Technical) tak perlu menggunakan tenaga dalam. Terapi itu hanya menggunakan ketukan kecil di sembilan titik yang akan memberikan rangsangan ke dalam tubuh.

"Ini nggak pakai tenaga dalam. Kita rangsang melalui ketokan-ketokan kecil di beberapa titik," ujar Hakim Sorimuda Pohan SpOg di sela-sela Konferensi Pers Aliansi Masyarakat Korban Rokok Indonesia, di Kantor Kantor Sekretariat Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Senin (12/11/2012).

Pria yang aktif di Komisi Nasional Pengendalian Tembakau itu menjelaskan lokasi di sembilan titik, yakni di ubun-ubun, alis mata, samping mata, bawah mata, bawah hidung, dagu, bawah tulang selangka (klavikula), ketiak, dan bawah puting susu.

Teknik ini diciptakan dari budaya Cina, Korea, Jepang. Yang mengembangkan orang Korea Kim Bong Han. Dulu, ilmu kedokteran mengenal tiga sistem pada manusia. Namun sejak Kim, sistem di manusia ada empat. Yakni, sistem pembuluh darah, syaraf, getah bening. Kim Bong Han bilang ada sistem lagi sistem Kyung Rak. "Dia menemukan altas, ada petanya," ujar dokter lulusan Universitas Indonesia itu.

Metode SEFT ini tak hanya berlaku bagi perokok yang mempunyai tekad bulat untuk berhenti merokok. Orang-orang yang takut dengan ketinggian atau pun kegelapan yang ingin melawan rasa takutnya juga bisa menggunakan metode ini.

"Misalnya takut akan gelap, begitu gelap kenapa menggigil. Aku ingin tidak takut dengan gelap. Maka dibantulah, keinginan makin besar tidak takut gelap. Metode ini memberikan stimulasi, memperkuat will dari orangnya, seperti tusuk jarum," ujarnya.(MEL)

    Mengharukan, Perawat Hibur Pasien yang Sekarat Lewat Lagu

    Tutup Video