Sukses

Lebih dari 20 Juta Warga Inggris Disuntik Vaksin COVID-19, Menkes Hancock: Pencapaian Luar Biasa

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 20 juta warga Inggris telah menerima suntikan pertama vaksin COVID-19. Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock menyatakan angka tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa.

“Saya senang lebih dari 20 juta orang di seluruh Inggris sekarang telah divaksinasi. Pencapaian luar biasa bagi negara. Vaksin adalah jalan keluar. Ketika Anda mendapat panggilan, dapatkanlah suntikan.” tulis Hancock dalam sebuah unggahan di Twitternya pada Minggu (28/2/2021).

Dalam video yang disertakan di unggahan tersebut, Hancock menyampaikan rasa terima kasihnya kepada setiap orang yang datang menerima suntikan vaksin COVID-19.

“Saya ingin berterima kasih kepada setiap orang yang datang untuk mendapatkan suntikan karena kami tahu dengan keyakinan yang semakin besar bahwa suntikan melindungi Anda, melindungi komunitas Anda, dan juga merupakan jalan keluar dari ini (pandemi) untuk kita semua," ungkap Hancock.

“Masih banyak jalan yang harus ditempuh, tetapi kita telah membuat langkah besar,” tambahnya.

Sama seperti Hancock, seperti yang dilansir dari The Guardian, Menteri vaksin Nadhim Zahawi juga membuat unggahan di Twitternya. Ia mengatakan Angka inokulasi yang mencapai lebih dari 20 juta ini merupakan pencapaian luar biasa. Zahawi merasa bangga atas pencapaian ini.

2 dari 4 halaman

Lansia Juga Divaksin

Layanan kesehatan nasional Inggris (NHS England) mengundang para lansia di Inggris untuk mendaftarkan diri untuk menerima suntikan vaksin COVID-19. Dalam program vaksinasi tersebut, ada sekitar dua juta orang berusia 60 hingga 63 tahun yang diundang. 

“Kumpulan undangan terbaru yang tiba minggu ini berarti semua orang di tujuh grup prioritas pertama akan ditawari suntikan, dengan orang-orang berusia antara 50 dan 60 akan segera diundang,” tulis NHS England dalam sebuah rilis.

Sementara itu, dikutip dari The Guardian, NHS England mencatat, sebanyak 149 orang yang sedang dites positif Corona, meninggal di rumah sakit. Angka tersebut mendongkrak jumlah total kematian yang dikonfirmasi dilaporkan di rumah sakit menjadi 83.123 jiwa. 

Di sisi lain, data dari WHO (diakses pada Senin, 1 Maret 2021 pukul 14.02 WIB) menunjukkan ada 122.705 total kasus kematian di Inggris hingga akhir Februari ini. Dalam 24 jam terakhir pun ada penambahan 7.434 kasus positif, dengan total keseluruhan mencapai 4.170.523 kasus.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 4 halaman

Infografis

4 dari 4 halaman

Simak juga video di bawah ini