Sukses

Viral di TikTok, Benarkah Air Beras Baik untuk Pertumbuhan Rambut?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video viral di TikTok tentang seseorang yang membilas rambut dengan air beras disebut bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Namun menurut dermatolog, hal ini bisa keliru dan tidak ada bukti ilmiahnya.

Membilas dan merendam rambut dengan air beras untuk membuatnya tumbuh lebat dan berkilau telah lama diadaptasi sebagai praktik kecantikan di Asia Timur. Namun praktik ini diklaim oleh pengguna TikTok bahwa menyemprotkan atau membilas rambut dengan air beras menyebabkan pertumbuhan rambut yang ekstrem. 

Sebelum itu, perlu kita ketahui bahwa air beras yang dimaksud yaitu air sisa bilasan beras sebelum dimasak, yang mengandung ampas seperti tepung dan beberapa penelitian mengklaim itu mengandung beberapa vitamin. Salah satu yang mengakui kandungan vitamin tersebut yaitu seorang dermatolog di New York City, dokter Rachel Nazarian.

Meskipun cara tercepat membuat air beras adalah dengan merendam beras 30 menit sekali, lalu bilas sekali dengan menyaring sisa bilasan tersebut ke wadah bersih. Namun, beberapa pengguna TikTok menambahkan kulit jeruk dan minyak esensial untuk memfermentasi air untuk beberapa waktu sebelum mengoleskannya ke rambut mereka.

Sayang, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa air beras membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Tapi tak menutup kemungkinan bahwa air beras memiliki kandungan yang bermanfaat.

Seperti dikutip Health, seorang profesor dermatologi di Yale School of Medicine, Dr. Mona Gohara, mengatakan air beras mengandung vitamin B dan vitamin E yang berkaitan dengan pertumbuhan dan vitalitas rambut.

Mengutip ulasan pada tahun 2019 di Dermatology and Therapy, kekurangan vitamin B12 memiliki keterkaitan dengan rambut rontok.

Menurut dr. Nazarian, memang mungkin kalau membilas rambut dengan air beras menawarkan perbaikan sementara bagi sebagian orang. Namun ini pun belum terbukti dan kemungkinannya sangat minim.

 

2 dari 4 halaman

Air Beras Bikin Rambut Berkilau?

Sementara Dr. Gohara mencatat kalau rambut direndam atau dibilas dengan air beras dapat meningkatkan kemilau rambut karena kandungan vitaminnya. Meski begitu tidak akan mempercepat proses pertumbuhannya karena air beras kemungkinan tidak akan menembus batang rambut.

Oleh karena itu, dr. Nazarian dan Dr. Gohara lebih menyarankan perawatan yang direkomendasikan oleh dokter kulit, seperti spironolakton, minoksidil topikal, atau bahkan suntikan plasma kaya-trombosit (platelet-rich plasma/PRP) yang telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut.

"Secara umum saya suka merekomendasikan PRP, yaitu ketika kita menggunakan nutrisi dari darah kita sendiri untuk menumbuhkan folikel [rambut]," kata Dr. Gohara.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: