Sukses

Terima Suntik Vaksin COVID-19 Pertama, Menkes Budi Gunadi Sadikin Acungkan Ibu Jari

Liputan6.com, Jakarta - Selain Presiden Joko Widodo (Jokowi), sejumlah tokoh juga ikut mendapatkan vaksinasi COVID-19 pada hari ini, Rabu, 13 Januari 2021. Salah satunya adalah Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Mengenakan atasan putih lengan pendek dan alat pelindung diri masker serta faceshield, Budi Gunadi Sadikin menerima suntikan vaksin COVID-19 Sinovac tahap pertama sekitar pukul 10.10 WIB.

Tampak dalam siaran langsung Vaksinasi COVID-19 melalui Youtube Setpres RI, proses suntik vaksin yang dijalani Budi Sadikin selesai dalam hitungan menit.

Ada empat meja yang disediakan Istana Kepresidenan untuk proses vaksinasi hari ini. Sebelum menerima vaksinasi, Menkes mengunjungi meja kedua. Di meja tersebut, tenaga kesehatan yang bertugas memastikan kondisi Budi Gunadi layak mendapat vaksinasi.

Usai melakukan pemeriksaan kesehatan, Budi Gunadi Sadikin pun melaju ke meja ketiga untuk disuntik vaksin COVID-19.

Saat disuntik, Budi sempat mengacungkan ibu jari, mengisyaratkan bahwa vaksinasi berjalan lancar.

Setelah disuntik vaksin, Budi pun menghampiri meja terakhir guna memastikan kondisinya baik-baik saja usai vaksinasi. Di meja keempat ini, Budi juga mendapatkan dokumen pasca vaksinasi yang menandakan ia telah menjalani suntik vaksin tahap pertama.

Di sela-sela menanti dokumen pasca vaksinasinya, terlihat Budi sempat berbincang dan bertukar canda dengan para nakes yang berada di meja keempat.

Selain Menkes Budi Gunadi Sadikin, Ketua PB IDI dr Daeng M Faqih dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pun mendapat suntikan vaksin COVID-19 di Istana Kepresidenan. 

2 dari 4 halaman

Pesan Menkes Budi Gunadi

Jelang vaksinasi di Istana Kepresidenan, Menkes Budi Gunadi menyampaikan pesan pada masyarakat Indonesia. Budi Gunadi berpesan bahwa vaksin merupakan alat yang bisa melindungi diri dan keluarga di masa pandemi karenanya perlu dukungan dari seluruh warga Indonesia.

"Pesan saya hanya satu kepada teman-teman saya, rakyat Indonesia, bahwa vaksin ini adalah alat yang bisa dipakai untuk melindungi diri kita," ucap Budi Gunadi di halaman istana, Jakarta, 13 Januari 2021.

Namun, menurut Budi Sadikin, terpenting vaksin COVID-19 juga digunakan untuk melindungi keluarga, tetangga-tetangga, rakyat Indonesia dan peradaban umat manusia di seluruh dunia.

"Vaksin ini diberikan untuk mencapai herd immunity, jadi seluruh 70 persen dari umat manusia di dunia harus bisa divaksinasi agar tujuan itu tercapai," lanjutnya.

Keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia, menurut Budi akan sangat menentukan keberhasilan program vaksinasi COVID-19 di Tanah Air guna membangun negara yang sehat dan bebas dari virus Corona baru.

3 dari 4 halaman

Infografis

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini