Sukses

Lihatlah Kesehatan Anda dari Telapak Tangan

Liputan6.com, Jakarta: Tahukah Anda, bahwa tubuh seringkali memberitahukan kondisi kesehatan badan kita. Ada beberapa anggota tubuh yang biasa memberikan sinyal terkait kesehatan kita. Di antaranya, mata, lidah, urin, dan juga kulit. Itu yang biasa kita tahu. Tapi sebenarnya masih ada lagi, laman Times of India menulis telapak tangan pun bisa menjadi sinyal yang bagus untuk mengetahui kondisi kesehatan kita.

Berikut ada beberapa petunjuk untuk mengenali kondisi telapak tangan Anda:

1. Telapak tangan berkeringat
Telapak tangan basah berkeringat biasanya terjadi saat Anda merasa gugup atau cemas. Tapi, awas, jika kondisi ini terus-menerus terjadi tanpa sebab yang jelas dan sulit terkontrol bisa jadi Anda mengalami gangguan kelenjar tiroid atau jantung.

Adanya keringat yang tak terkontrol di bagian telapak tangan bisa jadi akibat kelenjar tiroid yang terlalu aktif sehingga menyebabkan peningkatan metabolisme tubuh. Akhirnya tubuh membakar kalori berlebihan yang memicu peningkatan suhu tubuh dan keringat pun tak terkontrol di bagian badan tertentu.

2. Telapak tangan memerah
Kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya gangguan hati akibat pelebaran pembuluh darah sebagai respon atas ketidakseimbangan hormon yang dipicu kerusakan hati. Perubahan warna muncul di sekitar pergelangan tangan dari pangkal jempol dan kelingking.

Selain gangguan hati, kondisi telapak tangan yang memerah itu juga kerap memberi petunjuk adanya penyakit lain seperti rheumatoid arthritis dan gangguan tiroid.

3. Tangan gemetar
Tangan gemetar biasanya terjadi jika kita cemas, panik, atau mungkin kelelahan memegang suatu benda yang berat. Itu wajar. Tapi jika gemetarnya itu tanpa sebab alias tak terkontrol, nah...sebaiknya Anda perlu waspada.

Tangan gemetar tanpa sebab bisa menjadi peringatan awal adanya serangan Parkinson. Penyakit ini mempengaruhi sistem syaraf seperti gangguan gerak otot-otot tubuh. Jika kondisi ini terjadi pada Anda atau keluarga, maka sebaiknya segera berkonsultasilah dengan dokter.

4. Kuku berubah warna
Kuku yang sehat berwarna kemerahan atau bisa dikatakan rona merah muda. Tapi jika keadaan kuku Anda berwarna semburat kuning kehijauan, waspadalah. Ada kemungkinan terjadi infeksi jamur. Tapi dalam kasus khusus, perubahan warna pada kuku seperti ini bisa menjadi petunjuk awal adanya penyakit paru-paru.

Bila ada noda kecoklatan pada warna kuku Anda, seperti tahi lalat di bagian garis kuku, itu dapat menjadi petunjuk adanya penyakit kulit psoriasis.

5. Kuku berbentuk seperti sendok
Bentuk kuku normal biasanya memang agak melengkung dengan posisi ujungnya mengarah ke bawah. Tapi jika kondisi kuku Anda tampak bertumbuhnya berlawanan atau berbentuk cekung seperti sendok, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Ada kemungkinan Anda terindikasi terkena gejala kurang zat besi atau anemia.

Kondisi kuku yang rapuh dan berbentuk tak wajar juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti kanker paru-paru dan penyakit jantung.

6. Ada benjolan di bagian jari jemari
Jika Anda mengalami adanya benjolan di bagian dekat perlekatan kuku di jari, itu bisa menjadi tanda awal osteoarthritis. Benjolan tersebut mungkin muncul akibat hilangnya ruang sendi hingga mengakibatkan sendi membengkak seolah seperti membentuk tulang baru. Biasanya, wanita lebih rentan mengalami gangguan keausan sendi ini.

7. Kulit tangan kering
Kondisi kulit tangan kering acapkali memberikan petunjuk awal adanya gangguan tiroid yang memicu hilangnya kelembaban kulit. Kulit kering pun dapat pula sebagai penanda adanya alergi atau gangguan sensitivitas kulit akibat pemakaian produk kosmetik yang cocok.
    Loading