Sukses

Jalani Isolasi Mandiri di Wisma Atlet, Pasien COVID-19 Dapat Makanan Bergizi hingga Vitamin

Pasien COVID-19 isolasi mandiri di Wisma Atlet diberikan vitamin hingga olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta rupanya diberikan vitamin hingga olahraga. Tak ketinggalan, pemberian makanan bergizi dan istirahat cukup.

Koordinator RS Darurat Wisma Atlet Tugas Ratmono menyampaikan gambaran penanganan dan perawatan pasien COVID-19, baik Orang Tanpa Gejala (OTG) yang isolasi mandiri dan pasien gejala ringan yang dirawat di RSD Wisma Atlet.

"Untuk OTG yang isolasi mandiri, intinya mereka harus menjaga kesehatan dan psikologi dengan baik. Kemudian kita jaga imun mereka dengan baik," ujar Tugas saat sesi Bincang Editor, Meredam Cluster COVID-19, Senin (23/11/2020).

"Mereka yang tanpa gejala, kami berikan vitamin. Yang penting juga pemberian makanan bergizi dan bagaimana mereka supaya istirahat dan olahraga cukup. Ini menjaga keseimbangan imun tubuh."

Bimbingan konseling juga dilakukan OTG Wisma Atlet demi menjaga kesehatan mental. Seluruh program untuk isolasi mandiri pasien harus dijalankan.

"Ada juga namanya bimbingan konseling, maksudnya psikologi ya. Itu semua hal yang kami lakukan dan mereka mengikuti program sesuai ketentuan. Tentunya, pedoman dari Kementerian Kesehatan, sehingga mereka bisa kembali ke rumah," imbuh Tugas.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Obat Gejala Ringan dan Vitamin

Untuk pasien COVID-19 yang dirawat di RSD Wisma Atlet, pemberian obat meringankan gejala dan vitamin diberikan. Ada juga obat antibiotik atau antivirus yang diberikan.

"Pasien dengan gejala ringan diberikan obat meringankan gejalanya dan vitamin. Semua itu sudah sesuai standar yang telah ditentukan tim tenaga kesehatan, Kemenkes atau perhimpuanan dokter spesialis," lanjut Tugas.

"Jadi, sudah dilakukan standar operasional pengobatan. Pemberian antibiotik dan antivirus pun sesuai panduan dari dokter dan perawat. Kalau sudah dilakukan penanganan, lalu gejalanya membaik ya bisa pulang."

Tugas kembali menegaskan, penanganan  pasien COVID-19 di Wisma Atlet dilakukan sesuai aturan dan pedoman yang ditetapkan. Keamanan dan keselamatan pasien menjadi hal utama.

"Keamanan dan keselamatan pasien diutamakan. Mereka dirawat dan ditangani dengan baik sampai  dinyatakan sembuh," imbuh Tugas.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.