Sukses

Kurangi Dampak Negatif Media Sosial pada Kesehatan Mental Anak, Ortu Perlu Tahu Panduan Baru

Liputan6.com, Jakarta Media sosial memiliki dampak negatif bagi kesehatan mental anak. Maka dari itu, diperlukan pantauan dari orangtua agar anak bijak menggunakan media sosialnya.

Guna meminimalisasi dampak negatif media sosial pada anak dan remaja, Instagram secara resmi meluncurkan pembaruan Panduan Instagram untuk Orangtua di Indonesia. Peluncuran ini bertepatan dengan peringatan Hari Anak Sedunia 20 November 2020.

Bekerja sama dengan komunitas parenting, Mom Sweet Moms, media sosial tersebut menghadirkan sumber informasi yang relevan bagi orangtua seputar penggunaan Instagram yang lebih bijak di kalangan remaja.

Selain itu, panduan ini juga memuat berbagai tips memulai percakapan dengan anak remaja tentang isu kesehatan mental.

Fitur ini dibuat karena banyak tantangan yang dialami orangtua saat harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan internet di era digital guna memantau kegiatan daring anak remaja mereka. Lebih dari itu, para orangtua seringkali menemui kesulitan saat harus memulai percakapan terkait hal yang berhubungan dengan kesehatan mental.

“Panduan ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi orangtua untuk mengenal lebih jauh seputar platform Instagram guna membantu menjaga keamanan dan pengalaman online anak remaja mereka,” kata Philip Chua, Kepala Kebijakan Publik, Instagram Asia Pasifik dalam keterangan pers.

Dalam Panduan Instagram untuk Orangtua versi terbaru ini, para orangtua dapat menemukan lebih banyak informasi mengenai fitur-fitur keamanan terbaru yang diluncurkan Instagram guna menjaga pengalaman online anak remaja mereka.

Selain itu, panduan juga berguna untuk memastikan penggunaan Instagram yang lebih bijak di kalangan remaja serta tips berdiskusi dengan anak remaja tentang cara membantu teman mereka yang sedang membutuhkan bantuan terkait isu kesehatan mental.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Baru

Adapun beberapa fitur keamanan Instagram baru yang disebutkan dalam buku panduan ini antara lain:

1.       Fitur Mengelola Privasi, seperti:

  • Kontrol Pesan: memungkinkan anak remaja untuk memilih siapa saja yang dapat mengirimkan pesan ke akun mereka lewat Instagram.

2.       Fitur Mengelola Interaksi, seperti:

  • Permintaan Dukungan: fitur untuk mengikuti perkembangan laporan yang dikirim oleh akun anak remaja dan mengetahui pelanggaran apa saja yang mereka lakukan.
  • Mengelola Komentar dalam Jumlah Banyak: fitur untuk menghapus beberapa komentar sekaligus, termasuk memblokir atau membatasi beberapa akun yang memposting komentar negatif.
  • Menyematkan Komentar Positif: cara mudah untuk mengedepankan dan mendorong interaksi yang positif di Instagram dengan membuat beberapa komentar terpilih berada di posisi teratas kolom komentar.
  • Mengontrol Tanda dan Mention: fitur yang dapat membantu pengguna mengatur siapa saja yang dapat menandai atau mention mereka di Instagram

Fitur Membantu Pengguna Lain

Apabila seseorang menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka membutuhkan bantuan melalui postingan di Instagram, anak remaja dapat segera melaporkan tingkah laku mereka yang mengkhawatirkan tersebut kepada Instagram. Instagram akan segera membantu menghubungkan orang tersebut ke informasi maupun sumber pertolongan yang ia butuhkan.

Fitur-fitur tersebut melengkapi fitur-fitur Instagram yang sebelumnya sudah tersedia di Panduan Instagram Orang Tua 2019, seperti Privasi Akun, Blokir, Kontrol Komentar, Filter Komentar, Dasbor ‘Aktivitas Anda’, Setel Pengingat Harian, dan sebagainya. Pembaruan Panduan Instagram untuk orangtua ini tersedia secara gratis di situs https://bit.ly/PanduanInstagramUntukOrangTua.

3 dari 4 halaman

Infografis Istri Tentara Nyinyir di Media Sosial

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: