Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

9 Alasan Vagina Nyeri Usai Bercinta dan Cara Mengatasinya

Ahli mengungkapkan, perubahan posisi, produk tertentu atau masalah penuaan bisa menyebabkan rasa perih atau nyeri pada kemaluan wanita.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah alasan bisa menjadi penyebab vagina sakit usai bercinta. Ahli mengungkapkan, perubahan posisi, produk tertentu atau masalah penuaan bisa menyebabkan rasa perih atau nyeri pada kemaluan wanita.

"Penting untuk mencari tahu penyebabnya dan menemukan solusinya. Karena, Anda tidak boleh menyerah pada seks," kata Isa Herrera, ahli terapi fisik di New York City yang mengkhususkan diri dalam terapi dasar panggul integratif untuk wanita.

Berikut cara menentukan apa yang mungkin membuat Anda sakit, dan cara memperbaikinya atau mencegahnya di lain waktu, seperti dikutip Womens Health:

1. Anda melewatkan foreplay

Kebanyakan orang tahu bahwa kekeringan vagina dapat membuat hubungan tidak nyaman, tetapi perlu diulangi bahwa hal ini merupakan penyebab paling umum ketidaknyamanan pasca-seks, kata Alyssa Dweck, MD, asisten profesor klinis ginekologi di Icahn School of Kedokteran di Mount Sinai di New York City. 

"Biasanya, kekeringan berarti Anda sedikit tidak sabar," katanya.

Apa yang harus dilakukan? Rangsangan yang cukup dapat membantu mencegah rasa sakit. Selain itu, jangan takut menggunakan pelumas .

2. Sesi Anda sangat lama atau terlalu agresif

"Tentu saja Anda akan sakit jika pasangan sangat kuat," kata Leah Millheiser , MD, direktur program kedokteran seksual wanita di departemen kebidanan dan ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Stanford. Terutama jika Anda kurang pelumas, sesi seks yang menggairahkan itu dapat menyebabkan sedikit robekan di jaringan vagina Anda.

Apa yang harus dilakukan? Istirahat. Dr. Dweck merekomendasikan mandi air hangat dengan garam dan, jika perlu, menggunakan krim hidrokortison di sekitar lubang vagina untuk meredakannya. Lain kali, pastikan untuk menjeda pelumas saat Anda membutuhkannya. "Dengarkan tubuh Anda dan ketahui kapan Anda perlu istirahat," kata Dr. Millheiser.

3. Posisi itu mengganggu Anda

“Posisi tertentu menyababkan rasa sakit, tetapi itu sangat tergantung pada orangnya,” kata Janet Brito , PhD, seorang psikolog klinis dan terapis seks bersertifikat di Honolulu, Hawaii. 

"Misalnya, jika Anda berada dalam posisi misionaris dan mengalami rasa sakit dan keinginan untuk buang air kecil, itu bisa menjadi indikasi kandung kemih."

Apa yang harus dilakukan? Lakukan eksperimen dan pilih posisi yang optimal untuk tubuh Anda, kata Brito. 

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Anda mengalami infeksi jamur

“Seks bisa menjadi tidak nyaman jika Anda mengalami infeksi jamur karena vulva yang meradang. Gairah seksual juga cenderung meningkatkan kelembapan vagina, yang dapat memperparah rasa gatal, ketidaknyamanan, atau rasa terbakar dengan kombinasi keluarnya jamur," kata Brito.

Yang harus dilakukan: Jika Anda juga mengalami rasa gatal dan nyeri di bawah sana saat buang air kecil, hubungi dokter kandungan Anda. Infeksi jamur sangat umum dan ada banyak pilihan pengobatan .

5. Masalah KB

Pil KB dosis rendah (seperti Yasmin, Levora, Estrostep dan Ortho-Tri-Cyclen-Lo) bisa memicu kasus sakit vagina. 

"Ini terkait dengan penekanan estrogen dan testosteron alami Anda sendiri, dan menggantikannya dengan pengendalian kelahiran, yang lebih rendah," kata Dr. Millheiser. Hal ini dapat membuat jaringan vagina beberapa wanita menjadi lebih tipis dan kering--hampir seperti pasca menopause dan membuatnya lebih rentan terhadap iritasi dan nyeri.

Apa yang bisa dilakukan? Untuk jangka pendek, Dr. Dweck menyarankan penggunaan pelumas. Untuk jangka panjang, bicarakan dengan dokter Anda tentang mengubah resep KB.

6. Otot dasar panggul Anda kaku

Wanita muda yang jarang berolahraga, sering kali otot dasar panggulnya kaku. 

Apa yang harus dilakukan? Terapis fisik dasar panggul dapat membantu Anda. Atau latihan sesederhana pernapasan dalam yang dapat membantu Anda mengendurkan otot dasar panggul. Pikirkan juga kegel, juga ubah posisi seksual Anda agar Anda lebih terkontrol. 

7. Anda merasa stres

Stres dapat membuat tegang otot dasar panggul, kata Brito. "Karena seks adalah tentang relaksasi, stres justru akan membuat Anda dan pasangan sulit mengalami kenikmatan seksual."

Apa yang harus dilakukan? Coba atur suasana hati dengan lilin, pijat, dan pakaian dalam seksi ... apa pun yang Anda suka. Kuncinya adalah untuk mengalihkan pikiran Anda dari stres.

8. Kulit Anda bereaksi terhadap produk tertentu

Jika rasa sakit Anda terjadi hanya setelah menggunakan produk tertentu (seperti kondom, atau spermisida (seperti nonoxynol-9), bisa jadi rasa sakit Anda terkait dengan iritasi kulit akibat produk tersebut, kata Dr.Dweck. 

Apa yang harus dilakukan? Singkirkan produk yang mengiritasi dan cari alternatif paling alami yang bebas aroma. 

9. Anda memiliki kondisi medis

Bakterial vaginosis, infeksi jamur, klamidia, gonore, herpes, semuanya adalah infeksi yang dapat membuat seks (dan akibatnya) tidak nyaman, kata Dr. Millheiser. Jadi, jika Anda memiliki cairan atau lesi yang tidak biasa di bawah sana, sampaikan kekhawatiran Anda kepada ahli. Hal yang sama berlaku untuk sakit yang jauh di panggul Anda, yang bisa menandakan kista, fibroid, atau endometriosis, kata Dr. Dweck.

Apa yang harus dilakukan? Konsultasi dengan dokter Anda. Infeksi dapat disembuhkan sepenuhnya, dan kista serta fibroid dapat diangkat (jika perlu). Selain itu, kondisi seperti endometriosis dapat ditangani secara efektif — jika didiagnosis dengan benar.

"Secara umum, rasa sakit yang berlangsung lebih dari 24 jam dengan pendarahan setelah berhubungan seks, keluarnya cairan yang tidak biasa, atau bau, membutuhkan kunjungan gyno," kata Dr. Dweck.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.