Sukses

Berguna dalam Perawatan Pasien COVID-19, Ini Manfaat Minyak Atsiri

Salah satu terapi yang digunakan dalam perawatan pasien COVID-19 adalah dengan penggunaan minyak atsiri. Apa manfaatnya?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu gejala yang banyak dialami oleh pasien COVID-19 adalah gangguan pada indra penciuman. Penggunaan minyak atsiri dalam terapi perawatan rupanya bermanfaat untuk meringankan masalah tersebut.

"Beberapa pasien dari COVID-19 ini kehilangan indra penciuman sehingga kualitas hidupnya berkurang," kata Profesor Keri Lestari Dandan, Wakil Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) beberapa waktu lalu.

Dalam siaran dialog dari Graha BNPB, ditulis Senin (28/9/2020), Keri mengungkapkan bahwa salah satu yang terganggu akibat kehilangan indra penciuman adalah keinginan untuk makan karena tak ada aromanya.

"Bagaimana sih kalau kita makan tapi tidak tercium aromanya, rasanya kan hambar," kata Keri.

"Nah untuk itu kita juga ada terapi untuk bagaimana segera mengendalikan indra penciuman tersebut dengan terapi menggunakan minyak atsiri." 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantu Mengembalikan Indra Penciuman

Keri mengatakan, minyak atsiri sendiri banyak ditemukan di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti minyak kayu putih atau minyak pala.

"Itu bisa kita hirup supaya menjadi wangi-wangian yang sangat kuat dan itu lama-lama akan mengembalikan indra penciumannya sendiri," Keri menjelaskan.

Ia mengatakan, sesungguhnya produk-produk minyak esensial dalam kemasan lain juga bisa digunakan dalam terapi perawatan pasien COVID-19. Hanya saja, Keri mengatakan ada baiknya untuk tetap menggunakan produk herbal dari Indonesia.

"Kalau kita menggunakan herbal Indonesia, rasanya kita juga bisa selain menangani pemulihan (pasien) tersebut, sekaligus memberikan kesempatan untuk re-aktivasi ekonomi karena herbal tersebut ada dari petani Indonesia."

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.