Sukses

Ada 50 Juta Penduduk, Jabar Butuh 30 Rumah Sakit Tambahan

Bila ingin optimal melayani sekitar 50 juta penduduk, Jawa Barat butuh 30 rumah sakit lagi.

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan daerahnya membutuhkan 30 rumah sakit tambahan agar dapat optimal melayani 50 juta jiwa penduduk. Tambahan rumah sakit itu dapat berasal dari pemerintah maupun swasta.

Ridwan mengatakan saat ini jumlah rumah sakit di Jawa Barat berjumlah 105 rumah sakit. Sehingga idealnya sebut Ridwan, Provinsi Jawa Barat memiliki 135 rumah sakit. Kini baru satu rumah sakit tambahan yang dibangun yaitu hadirnya Rumah Sakit Pasar Minggu (RSPM).

"Sehingga hadirnya Rumah Sakit Pasar Minggu (RSPM) di Palimanan ini membantu melayani masyarakat Jabar yang jumlahnya semakin besar. Per hari ini hampir 50 juta jiwa," ujar Ridwan.

Ridwan menjelaskan bahwa meningkatnya pelayanan kesehatan akan berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Di tengah masa pandemi global COVID-19, indeks kesehatan pun kini menjadi fokus Pemerintah Daerah Provinsi Jabar selain indeks pendidikan dan indeks daya beli.

 

Selama pandemi COVID-19, Ridwan meminta agar pelayanan terhadap masalah kesehatan lainnya harus tetap ditingkatkan dengan menerapkan protokol kesehatan. Termasuk di RSPM Palimanan.

"Kami titip agar selama (pandemi) COVID-19, pelayanan terhadap penyakit lain tetap ditingkatkan dengan tetap menjaga protokol kesehatan," kata Ridwan.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk terus menjaga kewaspadaan dan kedisiplinan dengan tetap melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain PHBS, tentunya mematuhi protokol kesehatan pada masa pandemi harus tetap dilaksanakan.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.