Sukses

Menko PMK: Kalau Vaksin COVID-19 Ditemukan, Insyaallah Kita Kembali ke Kehidupan Normal

Menko PMK mengatakan bahwa sebelum ada vaksin, menjalankan protokol kesehatan secara ketat akan menjadi kunci pengendalian wabah COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kehidupan normal bisa dijalani kembali apabila vaksin sudah ditemukan sehingga masyarakat terhindar dari COVID-19.

Hal ini disampaikannya saat menjadi khatib pada pelaksanaan salat Idul Adha di Lapangan Kantor Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan pada Jumat (31/7/2020).

Menurut Muhadjir, kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan secara ketat akan menjadi kunci pengendalian wabah COVID-19 sebelum ditemukannya vaksin.

Ia mengatakan bahwa pemerintah tengah bekerja keras untuk mempercepat penanganan dan penemuannya.

"Kalau sudah ditemukan vaksin, insyaallah kita akan terhindari dari COVID-19 dan kembali ke kehidupan yang biasanya," kata pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Esensi Idul Adha

Pada kesempatan yang sama, ia mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan merupakan salah satu bentuk pengorbanan yang merupakan esensi dari perayaan Idul Adha.

Muhadjir mengatakan bahwa masyarakat bisa belajar dari Nabi Ibrahim yang saat akan mengorbankan anaknya, Ismail, untuk kemudian digantikan oleh Allah dengan seekor kambing.

"Itu menandakan betapa nyawa manusia sangat berharga," ujarnya.

Muhadjir mengatakan bahwa protokol kesehatan adalah bentuk pengorbanan serta wujud nyata dari realitas, mengikuti apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim untuk menghindari jatuhnya korban sebagai wujud penghargaan yang tinggi terhadap nyawa manusia.

"Kalau kita ingin menghindari jatuhnya korban akibat COVID-19 terutama saudara kita, kerabat kita, tetangga kita, bahkan diri kita sendiri, maka patuhi protokol kesehatan,"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.