Sukses

Naik Ojol di Masa New Normal, Pastikan Kamu Bawa Barang-Barang Ini

Bagi Anda yang harus bepergian atau berangkat dan pulang kerja menggunakan ojek online (ojol), pastikan untuk selalu membawa sejumlah benda yang diperlukan dalam penerapan protokol kesehatan di masa new normal.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah protokol kesehatan wajib dilakukan dalam masa new normal. Bagi Anda yang harus bepergian atau berangkat dan pulang kerja menggunakan ojek online (ojol), pastikan untuk selalu membawa sejumlah benda yang diperlukan dalam penerapan protokol kesehatan.

Dokter spesialis penyakit dalam yang juga Chairman Junior Doctors Network Indonesia Andi Khomeini mengatakan, selain membawa masker lebih dari satu, Anda juga perlu membawa kacamata dan helm berpenutup.

"Gunakan masker, goggles atau kacamata, helm yang ada penutup, mesti membawa helm sendiri. Kalau ada droplet terkunci untuk penumpang sendiri, potensi penularan (COVID-19) seudah ditekan sendiri," ucapnya dalam talkshow Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 "Aman dan Nyaman Naik Ojek Online", Sabtu (13/6/2020) di Jakarta.

Ia pun mengingatkan untuk membawa hand sanitizer agar dapat segera menggunakannya jika harus membayar dengan uang tunai.

Menurutnya, saat ini sebagian pengemudi ojol sudah memasang partisi di punggung pengemudi sebagai langkah menjaga jarak dengan penumpang.

"Lalu ada partisi, tekan penularan, protokol kebersihan yang digunakan driver dan penumpang," tutur Andi, melansir Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Waktu di Luar Rumah dan Biasakan Cuci Tangan

Selain membawa alat-alat untuk penerapan protokol kesehatan, Andi juga menyarankan untuk membatasi waktu di luar rumah. Jika pun harus keluar rumah, sebaiknya menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi (personal hygiene), termasuk mengenakan dan membawa lebih dari satu masker, serta membiasakan budaya cuci tangan.

Mengatur jarak fisik dan menerapkan gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi junk food, makanan makanan bergizi dan tidak merokok juga perlu dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini