Sukses

Beberapa Tempat dan Kegiatan yang Dapat Meningkatkan Risiko Penularan COVID-19

Juru bicara pemerintah penanganan COVID-19 Achmad Yurianto sebutkan beberapa tempat dan kegiatan yang berisiko menjadi sarana penularan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Juru bicara pemerintah penanganan COVID-19 Achmad Yurianto sebutkan beberapa tempat dan kegiatan yang berisiko menjadi sarana penularan COVID-19.

Tempat-tempat tersebut biasanya dijumpai masyarakat ketika perjalanan mudik. Kegiatan-kegiatan tidak penting pun turut memperbesar tingkat risiko penularan.

“Jangan mudik, karena tidak ada jaminan kita aman dari penularan. Seperti ketika kita menggunakan fasilitas yang kita tidak tahu siapa yang telah menggunakannya, di rest area, di toilet umum, rumah makan dan sebagainya,” ujar Yuri dalam konferensi pers, Senin (11/5/2020).

“Inilah yang kemudian memberikan ruang yang paling mungkin untuk terjadinya penularan,” tambahnya.

Ia menambahkan, bukan hanya perjalanan mudik yang memberi risiko tinggi tertularnya COVID-19. Namun, kebiasaan warga yang tidak penting pun bisa memicu penularan.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkumpul Sambil Menunggu Saat Buka Puasa

Menurut Yuri, hingga kini masih banyak dijumpai anggota keluarga, saudara, dan tetangga yang masih keluar rumah tanpa adanya alasan atau kepentingan yang mendasar.

“Menunggu saat berbuka puasa, berkumpul dengan teman, kemudian hanya sekadar melakukan pergaulan saja.”

Hal ini memberi risiko besar untuk tertular, imbuhnya. Masyarakat diminta untuk lebih memerhatikan hal-hal seperti ini.

“Mari kita perkuat upaya untuk mencegah penularan ini berbasis kepada keluarga sebagai struktur masyarakat terkecil, dasar dari kelompok sosial yang lebih besar. Kita harus mengendalikan keluarga kita, tempatkan diri sebagai panutan anak-anak kita,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.