Sukses

Pemerintah Bengkulu Sisihkan Dana APBD 204 M untuk Bantu Masyarakat Terdampak COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Dedy Wahyudi Wakil Wali Kota Bengkulu berbagi cerita tentang cara pemerintah setempat menghadapi COVID-19 di daerahnya. Salah satu cara yang dilakukan adalah pembagian beras dan mi.

Program pemerintah Bengkulu ini memiliki tujuan untuk membagikan mi dan beras ke seluruh masyarakat yang tinggal di Bengkulu tanpa terkecuali. Setiap keluarga mendapatkan 20 kg beras dan dua dus mi yang disebut mi terenak di dunia oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu.

“Pembagian ini bertahap, tahap pertama lima kilo, tahap kedua lima kilo, dan tahap ketiga 10 kilo,” ujar Dedy dalam siaran langsung bersama Liputan6.com, Jumat (8/5/2020).

Untuk memberikan bantuan ini, pihak pemerintah harus menyisir dan menyisihkan dana yang mulanya diperuntukkan keperluan dinas.

“Jadi dana yang ada di APBD kita sisihkan, misal dana pembelian mobil dinas, dana pembangunan rumah dinas wali kota, dan dana perjalan dinas kita alihkan. Sehingga terkumpul dana sekitar 204 miliar.”

2 dari 3 halaman

Sudah Tepat Sasaran

Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan dalam acara yang sama menuturkan bahwa bantuan sudah terdistribusi dengan baik dan tepat sasaran.

Menurutnya, distribusi dilakukan dengan mengandalkan ketua RT di masing-masing daerah. Ketua RT dipilih karena dirasa paling kenal dengan setiap kepala keluarga di daerahnya.

“Bantuan ini tidak berbasis KTP tapi berbasis domisili. Siapapun yang tinggal di lingkup Kota Bengkulu pasti mendapatkan bantuan ini,” kata Helmi.

Untuk menghindari kerumunan, bantuan disalurkan oleh RT dan petugas dari pintu ke pintu. Ini merupakan upaya pemerintah Bengkulu agar masyarakat tetap di rumah.

Terkait bantuan yang diterima masyarakat secara merata. Salah satu warga Bengkulu membenarkan hal tersebut.

 “Benar semua masyarakat di Kota Bengkulu menerima bantuan beras dan mie terenak Pak Wali dan Wawali terjun langsung ke masyarakat. Kami benar-benar merasakannya,” tulis akun @Bimbim_s.hermansyah dalam kolom komentar.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: