Sukses

4 Perilaku yang Bikin Pasangan Stres

Semua pasangan menginginkan kehidupan rumah tangganya bahagia. Namun, terkadang stres bisa mempengaruhi kehidupan romantis pasangan.

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan rumah tangga Anda termasuk yang adem ayem atau penuh dengan sakit hati dan konflik? Semua pasangan menginginkan kehidupan rumah tangganya bahagia. Namun, terkadang stres bisa mempengaruhi kehidupan romantis pasangan.

John Gottman Psikoterapis dan profesor psikologi Amerika menjelaskan pernikahan yang bahagia itu didasarkan pada persahabatan yang mendalam.

“Yang saya maksudkan adalah saling menghormati, dan menikmati, kebersamaan satu sama lain,” kata Gottman dalam buku Stres The Psychology of Managing Pressure.

Lantas bagaimana stres bisa mempengaruhi hubungan dua insan yang berpasangan? Stres itu bisa mempengaruhi dalam dua cara, yakni stres akibat hubungan itu sendiri serta stres dari luar yang bisa mempengaruhi hubungan.

Gottman mengidentifikasi empat perilaku yang dijamin akan menyebabkan pasangan Anda begitu tertekan sehingga hubungan bisa pecah di bawah tekanan. Perilaku ini sebaiknya dihindari:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Perilaku yang Bikin Pasangan Stres

1. Kritik

Pasangan yang menyampaikan keluhan dengan sopan tentu akan efektif. Namun menurut Gottman, jangan mengkritik pasangan secara pribadi yang malah membuatnya tertekan.

2. Penghinaan

Menurut Gottman, menghina, sarkasme, menyebut nama, gerakan mata merupakan perilaku yang bisa membuat pasangan stres.

3. Defensif

Jika pasangan kita mengajukan keluhan dengan perilaku yang kasar, kata Gottman, seolah-olah kita tidak menganggap serius perasaan mereka.

4. Berdiam

Berdiam diri dan tak berbicara, atau cukup mengatakan ‘terserah’ bisa juga membuat pasangan stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.