Sukses

Kepatuhan Modal Utama Kendalikan Penyakit COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Hingga Kamis (9/4/2020) jumlah kasus positif Corona COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Tercatat ada penambahan kasus positif 337, 40 kasus meninggal dunia, dan 30 kasus sembuh. Secara total, data tersebut menjadi 3.293 kasus positif, 280 meninggal dunia, dan 252 pasien sembuh.

Juru bicara penanganan COVID-19 di Indonesia Achmad Yurianto mengatakan, penambahan kasus positif tersebut menjadi gambaran kondisi masyarakat dalam sepekan kemarin.

"Penularan di luar masih terus berlanjut. Data yang kita himpun hari ini kurang lebih menggambarkan kondisi masyarakat kita pada masa sepekan lalu," ujarnya ketika melaporkan kasus terkini COVID-19 secara daring, Kamis (9//4) di Jakarta.

Yuri menyebut, meski masa inkubasi terpanjang coronavirus adalah 14 hari, namun rata-rata penularan terjadi dalam 5-6 hari. Oleh karena itu, kepatuhan penggunaan masker penting bagi upaya pencegahan penularan.

"Mudah-mudahan dengan kita menggunakan masker sejak seminggu ini, kita bisa melihat hasilnya pada minggu depan, apakah kepatuhan ini dijalankan dengan baik atau tidak," ujar Yuri.

 

2 dari 2 halaman

Jadi Pahlawan yang Patuh Melindungi Diri, Keluarga, dan Bangsa

Tak hanya menyerukan pentingnya patuh menggunakan masker, Yuri juga kembali menekankan rangkaian langkah pencegahan lainnya seperti, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak fisik secara aman, tetap berada di rumah dan tidak bepergian ke mana pun.

Mewakili Pemerintah, Yuri menyampaikan imbauan agar setiap individu menjadi pahlawan bagi diri sendiri, keluarga, dan bangsa di masa pandemi COVID-19 dengan mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

"Jadilah pahlawan untuk bisa melindungi diri Anda sendiri, melindungi keluarga Anda, melindungi orang-orang di sekitar kita, melindungi orang-orang tua dengan penyakit-penyakit penyerta, lindungi kampung halaman kita, lindungi bangsa kita. Kami yakin, kita pasti bisa," ucapnya.

"Kepatuhan inilah yang menjadi gambaran kesungguhan kita bersama. Kepatuhan inilah yang menjadi modal utama untuk kita bisa mengendalikan penyakit ini."