Sukses

Donasi Penanganan Covid-19 Capai Rp193 Miliar

Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah terkait COVID-19 sebut progres pemeriksaan specimen corona sudah mencapai lebih dari 16.500 spesimen.

Liputan6.com, Jakarta Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah terkait COVID-19 sebut progres pemeriksaan spesimen corona sudah mencapai lebih dari 16.500 spesimen.

“Progres yang telah kita lakukan per tanggal sekarang (9/4/2020) kita sudah melakukan pemeriksaan lebih dari 16.500 spesimen untuk pemeriksaan PCR,” ujar Yuri dalam konferensi pers, Kamis (9/4/2020).

Ia menambahkan, sudah ada 300 rumah sakit rujukan COVID-19 yang ditentukan. Dilengkapi oleh lebih dari 35 ribu dokter dan 42 ribu temppat tidur.

Sedang terkait alat pelindung diri (APD), lebih dari 700 ribu APD telah didistribusikan, tambahnya.

“Lebih dari 700 ribu APD sudah diadakan dan sudah didistribusikan. Sementara stok yang masih kita miliki lebih dari 300 ribu (APD).”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donasi 193 M

Yuri juga mengumumkan jumlah relawan yang telah mendaftar. Pada kesempatan tersebut ia menyebut lebih dari 18 ribu relawan telah mendaftar.

“Relawan medis terima kasih sudah lebih dari 18 ribu yang mendaftar baik relawan medis atau non medis. Untuk secara bersinergi melaksanakan layanan, perawatan, bagi penderita Covid-19.”

Dalam hal ini, masyarakat ikut berperan dengan berdonasi. Hingga kini donasi terkumpul hingga lebih dari Rp193 miliar. Donasi berasal dari semua kelompok masyarakat dan dari negara lain.

“Menunjukkan bahwa kita (pemerintah, masyarakat, dunia usaha) serius dalam menangani COVID-19 ini.”

Selain itu, jejaring pengamanan sosial pun telah disiapkan pemerintah. “Instruksi presiden tentang langkah penanganan sosial dan stimulus ekonomi menghadapi Covid-19 bernilai lebih dari Rp 405 triliun.”

Anggaran tersebut termasuk untuk perlindungan sosial  dan berbagai keringanan biaya rumah tangga. Termasuk keringanan pembayaran iuran air dan listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.