Sukses

Kerja Sama PMI dan TNI dalam Perang Melawan COVID-19

Palang Merah Indonesia (PMI) gandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk bekerja sama perangi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Palang Merah Indonesia (PMI) gandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk bekerja sama perangi COVID-19. Dalam hal ini Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) telah memberi pengarahan kepada sekitar 50 personel TNI yang mengikuti pelatihan Teknik Operator Gunner Spray.

Menurut keterangan pers, JK mengatakan pelibatan TNI diperlukan karena mereka memiliki kemampuan khusus terutama kedisiplinan mengingat yang dihadapi adalah virus yang tak kasat mata.

“Kita memerlukan keterlibatan pihak TNI karena mereka memiliki kemampuan khusus, dan sangat disiplin, kedisiplinan sangat diperlukan dalam perang wabah ini karena yang kita hadapi adalah musuh yang tidak kelihatan,” ujar JK di Markas Pusat PMI Kamis, (9/4/2020).

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salah Satu Kewajiban TNI

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI, Letjen TNI (Purn) Soemarsono mengatakan pihak TNI memiliki kewajiban untuk turut serta dalam operasi pencegahan penyebaran wabah covid-19.

Ini sesuai dengan Undang-Undang No 34 tahun 2004 yang mewajibkan TNI untuk bertugas menanggulangi bencana di mana wabah covid-19 ini adalah salah satunya.

“TNI sebagaimana yang diatur dalam undang-undang memiliki tugas selain melakukan perang juga memiliki (tanggung jawab) non perang yang disebut operasi militer selain perang (OMSP), di mana upaya pencegahan wabah  salah satu bagian dari OMSP” terang Soemarsono.

Rencananya TNI yang dilibatkan akan bertugas selama 3 bulan sebagai operator Mobil Gunner Spray. Ini merupakan mobil tangki yang dirakit khusus oleh PMI dan mampu menembakkan cairan disinfektan secara masif di jalan-jalan utama ibu kota.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.