Sukses

Polisi RW, Cara Polres Jakarta Pusat Memutus Rantai Penyebaran COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Cegah penyebaran COVID-19, Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat terapkan program baru yang disebut 'Polisi RW'. Program ini dirancang guna pengawasan dan pengamanan di lingkup Rukun Warga terkait COVID-19.

"Polisi RW ini dilakukan oleh Polres Jakarta Pusat. Sepertinya belum ada juga di wilayah lain, tugas mereka pengamanan terkait diskresi Polri untuk penanganan dan pencegahan COVID-19," ujar Humas Polrestro Jakarta Pusat AKP Suwatno seperti dikutip Antara (7/4/2020).

Program Polisi RW merupakan bentuk kerja sama dengan tokoh masyarakat dan ketua RW di lingkup Jakarta Pusat. Saat ini, program tersebut sudah berjalan, ungkap Suwatno.

"Anggota Polsek-Polsek yang ada kami kerahkan untuk jadi petugas Polisi RW, sudah berjalan namun memang perlu dimaksimalkan lagi."

2 dari 3 halaman

Tugas Polisi RW

Ada beberapa tugas Polisi RW dalam menjalankan tugas. Di antaranya membubarkan kerumunan massa di lingkungan RW.

Polisi RW juga harus memeriksa kawasan isolasi mandiri agar tetap steril. Program ini berbeda dengan sistem keamanan Bhabinkamtibmas yang sudah dicanangkan sebelumnya.

Bhabinkamtibmas adalah program polisi yang fokus pada lingkup yang lebih luas yaitu lingkungan kelurahan. Sedang Polisi RW fokus pada lingkungan rukun warga.

Polisi RW diwajibkan mengenakan alat pelindung diri seperti masker ketika bertugas. Masker yang dapat digunakan adalah masker kain sebagaimana dianjurkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Dengan adanya Polisi RW di Jakarta Pusat, masyarakat dapat lebih disiplin mengikuti anjuran yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait COVID-19. Sehingga dapat memutus rantai penyebaran virus corona dengan lebih cepat."

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: