Sukses

Pemprov Jabar Kembali Salurkan 16 Ribu APD ke Daerah

Pemerintah Jawa Barat (Jabar) menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) tahap ketiga ke kabupaten dan kota. Total bantuan APD sebanyak 16.963 unit itu, teknisnya disalurkan oleh Dinas Kesehatan.

Liputan6.com, Bandung Pemerintah Jawa Barat (Jabar) menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) tahap ketiga ke kabupaten dan kota. Total bantuan APD sebanyak 16.963 unit itu, teknisnya disalurkan oleh Dinas Kesehatan.

Seluruh APD tersebut ditujukan bagi 189 rumah sakit dan lima institusi di Jabar. Termasuk yang dikirim Jack Ma dari Alibaba.

"Yang memang diperuntukkan untuk Indonesia melalui Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam keterangan daring, Bandung, Sabtu, 4 April 2020.

Sebelumnya, Kamil dalam keterangannya di akun Instagram @ridwankamil menyatakan, dirinya mewakili warga Jabar berterima kasih atas bantuan penanganan COVID-19 dari Jack Ma, co-founder Alibaba Group, melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Bantuan tersebut tak hanya APD, tetapi terdapat pula test swab, masker dan perpelangkapan medis lainnya. Dirinya pun berujar bahwa bantuan dari pebisnis asal China itu untuk warga Jabar yang tengah berjuang melawan COVID-19 membuktikan bahwa kemanusiaan tidak mengenal batas wilayah.

"Atas nama warga Jabar, saya ucapkan terima kasih kepada Jack Ma. Semoga bisnis Alibaba barokah, lahir batin, semoga Tuhan membalas kebaikan Akang Jack Ma yang luar biasa. Sekali lagi, xie xie (terima kasih)," kata Kamil lewat video yang diunggah di postingan tersebut.

Kamil mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak yang sudah bahu-membahu dalam penanggulangan COVID-19 di Jabar. Dirinya berharap, akan semakin banyak pihak yang bekerja sama dalam menangani pandemi global ini.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

APD disalurkan ke 189 rumah sakit se-Jabar

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jabar Berli Hamdani mengatakan, 189 rumah sakit yang menerima bantuan 16.963 APD ini tersebar di hampir seluruh wilayah Jabar, di antaranya RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung, RSUD Indramayu, RSUD Gunung Jati Cirebon, RSU PMI Bogor, RS Puri Cinere Depok, RS Permata Bekasi, RSUD Ciamis, hingga RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya.

Sementara lima institusi Jabar yang juga menerima bantuan APD adalah Laboratorium Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Labkesda Jabar), Landasan Udara Husein Sastranegara, BPKPM Jabar, BPSDM Jabar, serta Dinas Kesehatan Jabar.

"Harapannya akan semakin banyak APD yang bisa kami distribusikan ke seluruh rumah sakit di Jabar maupun instansi daerah yang menjadi tempat pelaksanaan fungsi pelayanan. Pemprov Jabar juga terus membuka kesempatan bagi perusahaan, organisasi, atau komunitas yang ingin membantu dalam penanganan pandemi (COVID-19) ini. Karena seperti pesan Gubernur (Ridwan Kamil), wabah ini bisa dihentikan jika semua pihak termasuk masyarakat bekerja sama," kata Berli.

Proses dua tahap pendistribusian APD sebelumnya, yakni 11.382 APD berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dan BNPB serta 619 APD berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Jasa Medivest --salah satu anak BUMD di Jabar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini