Sukses

20 Ribu Pekerja Migran dari Malaysia akan Dipulangkan dengan Kapal Perang TNI

Liputan6.com, Jakarta Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) Laksamana Madya TNI Yudo Margono sebut Pangkoarmada I sudah mengkoordinir  pemulangan pekerja migran dari Malaysia. Pemulangan ini terkait merebaknya COVID-19 di kedua negara.

“Banyak imigran dari Malaysia yang akan kembali ke Indonesia, Pangkoarmada I sudah mengkoordinir pelaksanaan pemulangan,” kata Yudo dalam konferensi pers BNPB, Jakarta (3/4/2020).

Ia menambahkan, Kemenko Maritim menyampaikan akan ada 20 ribu personel yang akan dipulangkan. Pangkoarmada I dan TNI Angkatan Laut (AL) akan menggerakkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang sudah siap siaga di Batam.

“Jadi sewaktu-waktu digunakan untuk mengangkut personel, khususnya yang ke Jawa, sudah siap semuanya di Batam.”

2 dari 3 halaman

Bagi Imigran Positif Corona

Menurut Yudo, pihaknya akan melakukan rapat perencanaan terkait pemulangan pekerja migran pada hari ini Jumat (3/4/2020). Rapat perencanaan ini melibatkan pemerintah daerah (Pemda) setempat.

Tidak semua pekerja migran dapat langsung dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. Imigran yang ditemukan positif corona akan ditampung terlebih dahulu di Rumah Sakit Galang.

“Bagi migran yang positif akan kita tampung juga di Rumah Sakit Galang.”

Rumah Sakit Darurat (RSD) Pulau Galang  ini akan mulai beroperasi pada 6 april mendatang, tandas Yudo. 

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: