Sukses

Dibentuk di Setiap Provinsi, Gugus Tugas COVID-19 akan Dipimpin Langsung Gubernur

Juru Bicara Pemerintah COVID-19 Achmad Yurianto sebut seluruh provinsi sudah membuat gugus tugas masing-masing. Setiap gugus tugas di provinsi dipimpin langsung oleh Gubernur.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Pemerintah COVID-19 Achmad Yurianto sebut seluruh provinsi sudah membuat gugus tugas masing-masing. Setiap gugus tugas di provinsi dipimpin langsung oleh Gubernur.

Hal ini disampaikan dalam konferensi pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana Jakarta, pada Senin (30/3/2020). Menurut Yuri masyarakat dan pemerintah daerah sudah melakukan yang terbaik dalam menghadapi COVID-19.

“Beberapa saat yang lalu semua provinsi telah membuat gugus tugas yang kemudian dipimpin langsung oleh kepala daerah dalam hal ini oleh gubernur. Untuk mengintegrasikan, mensinergikan, dan mengkolaborasikan, seluruh kapasitas yang ada di provinsi dalam rangka menangani COVID-19.”

Menurutnya, kerja sama pemerintah dan masyarakat telah meningkat dengan pesat. Masyarakat menunjukkan kepatuhan dan disiplin dalam melaksanakan anjuran-anjuran yang diberikan oleh pemerintah.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Proaktif Menggalang Dana

Selain itu, Tambah Yuri, masyarakat juga secara proaktif telah melakukan kegiatan-kegiatan menggalang donasi serta menyumbangkan waktu dan tenaga untuk saling melindungi.

“Di beberapa daerah sudah dibuat beberapa surat edaran oleh para kepala daerah untuk bersama-sama membantu masyarakat yang tidak mampu di dalam kaitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan cara menggalang dana.”

Partisipasi di setiap daerah juga sudah dilakukan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Pasalnya, masyarakat tidak mampu cenderung terpaksa bekerja di luar untuk menghidupi keluarga. Yuri mengatakan, hal ini tentunya memiliki risiko terpapar virus yang lebih tinggi bagi mereka.

Ini dipandang sebagai upaya yang menunjukkan kinerja sungguh-sungguh dari semua elemen bangsa dalam upaya mencari penderita yang positif di tengah masyarakat. Juga menekankan pentingnya jaga jarak sosial.

“Kita meyakini dengan kebersamaan seluruh komponen bangsa, kita yakin mampu dan bisa melawan COVID-19 ini,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.