Sukses

6 Aktivitas Cegah Bosan di Rumah dan Bikin Sehat yang Disarankan WHO

WHO, melalui kampanye #healthyathome dan #beactive mendorong masyarakat dunia untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menganjurkan warga dunia tetap berada di rumah guna meredam penyebaran coronavirus baru penyebab COVID-19. Negara-negara di dunia, termasuk Indonesia, telah melakukannya dalam beberapa pekan terakhir. 

Namun, working from home (WFH) rupanya tak semudah yang dibayangkan. Berbeda dengan kantor, suasana rumah kerap memengaruhi produktivitas dan fokus saat bekerja. Selain itu, muncul pula rasa bosan karena terpaksa harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Meski bekerja dari rumah, penting untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari paparan kuman dan virus. Disarankan untuk mencuci tangan sesering mungkin serta tetap aktif sehingga tubuh bugar dan sehat selama masa WFH.

WHO, melalui kampanye #healthyathome dan #beactive mendorong masyarakat dunia untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah. WHO juga merekomendasi untuk aktif selama 30 menit bagi orang dewasa, dan 1 jam untuk anak-anak per hari.

Lantas, Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di rumah?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikut Kelas Olahraga Online

1. Ikut Kelas Olahraga Online

Tidak perlu ke gym untuk berolahraga. Kamu bisa melakukannya di rumah menggunakan body weight saja. Bahkan olahraga di rumah bisa dilakukan bagi para pemula. Jika membutuhkan instruktur gratis, kamu bisa mengikuti berbagai kelas olahraga online di berbagai media sosial dan juga YouTube.

2. Menari

Selain olahraga, kamu juga bisa menari bersama keluarga sembari mengikuti alunan musik yang kamu sukai. Jika ragu dan pengalaman ini sangat baru untukmu, kamu juga bisa mengikuti panduan dari kelas menari online, lho!

3. Bermain Video Game

Tidak semua video game membuatmu duduk sepanjang hari. Pilihlah video game yang membuatmu aktif bergerak. Seperti Wii, misalnya. Atau, kamu juga bisa membuat permainan sendiri bersama keluarga di rumah, seperti permainan tradisional, atau bermain bola di pekarangan rumah.

3 dari 3 halaman

Lompat Tali

4. Lompat Tali/Skipping

Kamu juga bisa bermain lompat tali bersama keluarga di rumah. Selain permainan ini baik untuk melatih otot tubuh, momen nostalgia bermain karet juga akan sangat menghibur. Atau, kamu juga bisa mencoba skipping rope yang akan membakar banyak kalori tubuh dan melatih kekuatan kaki selama kamu berada di rumah.

5. Aktif Saat WFH

Kalau kamu berada di rumah dan harus bekerja di depan laptop atau komputer seharian, jangan lupa untuk beristirahat sejenak selama beberapa menit. Bangunlah dari kursi dan berjalan-jalanlah di sekitar rumah untuk menggerakkan ototmu. Selain itu, pastikan postur tubuhmu saat duduk tegak dan tidak membungkuk atau miring agar kesehatan tulang belakang tetap terjaga.

6. Turun dan naik tangga

Jika kamu memiliki rumah bertingkat, cobalah untuk menuruni dan menaiki tangga dengan lebih sering. Hal ini bukan saja baik untuk otot kaki, tetapi juga bagian bawah tubuh seperti panggul, perut, betis, dan paha. Naik dan turun tangga juga bisa dihitung sebagai sesi olahraga yang lebih mengasyikkan dibandingkan dengan workout dengan gerakan yang monoton.

(Karla Farhana/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.