Sukses

Penyakit Usus hingga Poni, Penyebab Jerawat yang Belum Anda Ketahui

Sebagian orang mengeluh dengan munculnya jerawat. Namun, mereka tidak menyadari bahwa 6 penyebab ini dapat memicu timbunya jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat merupakan hal yang menjengkelkan yang biasanya terjadi karena hormon dan kebiasaan buruk seseorang. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan memperburuk kondisi jerawat.

Oleh karena itu, Anda dapat memperhatikan kebersihan tubuh ataupun lingkungan. Berikut ini adalah penyebab jerawat tak kunjung sembuh yang bisa saja Anda belum mengetahuinya:

1. Usus Bocor

Pakar kesehatan dan kebugaran, dr. Will Cole, mengatakan bahwa bakteri dalam usus yang tidak seimbang dapat menyebabkan lapisan usus melemah. Lapisan yang melemah itu dikenal sebagai sindrom usus bocor (lapisan dinding usus berlubang) dan berkaitan dengan masalah kesehatan radang, temasuk jerawat.

Anda dapat mengonsultasikan kepada tenaga medis profesional dan dapat melakukan pemeriksaan darah untuk menentukan seberapa bocornya usus Anda sehingga membantu Anda memutuskan untuk mengambil tindakan yang cocok. Hal tersebut sesuai dengan lansiran dari The List.

2. Intoleransi Makanan

Jika Anda mengonsumsi sesuatu yang ditolak oleh tubuh maka akan terlihat di kulit Anda. Meskipun tubuh setiap orang berbeda, penting untuk mengetahui dengan tepat apa yang menggangu sistem pencernaan Anda. Dokter Cole memberitahu bahwa diet eliminiasi merupakan cara yang mudah untuk mencari tahu yang mana makanan yang dapat memicu reaksi negatif tubuh.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rambut

Ahli dermatologi kosmetik, dr. Sonam Yadav, mengatakan bahwa penumpukan produk rambut dapat masuk ke kulit dan menyumbat pori-pori Anda. Ketombe atau poni yang panjang dapat berkontribusi untuk jerawat. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk menjaga kulit kepala agar tetap bersih dengan menghindari menggunakan gel rambut yang tebal.

4. Ponsel yang Kotor

Telepon seluler yang penuh dengan bakteri menempel di wajah Anda dan menimbulkan jerawat. Anda dapat membersihkan ponsel dengan menggunakan lap antibakteri setiap hari untuk menghindari penyebaran bakteri ke kulit Anda.

3 dari 3 halaman

5. Make Up yang Tebal

Anda dapat berhati-hati dengan kekuatan make up yang Anda gunakan. "Penderita jerawat cenderung melapisi dasar wajah mereka, yang dapat menyebabkan lebih banyak pori-pori dan berjerawat," kata ahli perawatan kulit, dr. John Diaz. Anda tetap dapat menggunakan sunscreen untuk memberikan perlindungan kulit. Penjelasan tersebut sesuai dengan lansiran dari Bustle.

6. Sarung Bantal yang Kotor

Bisa saja sarung bantal yang Anda gunakan penuh dengan kotoran, keringat, dan kuman penyebab jerawat. Dokter kulit kosmetik, dr. Shereena Idriss, menyarankan bahwa Anda dapat membalikkan bantal setiap malam dan mengganti sarung bantal setiap malam agar tidak memperkenalkan kembali bakteri berbahaya pada kulit Anda.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.