Sukses

Bukan Cuma Sehat, Olahraga di Pagi Hari Juga Tingkatkan Kinerja Otak

Penulis Healthy Brain, Happy Life dan profesor di Center for Neural Science di New York University di New York, Wendy Suzuki menuturkan bahwa olahraga di pagi hari dapat meningkatkan kekuatan kinerja pada otak.

Liputan6.com, Jakarta - Penulis Healthy Brain, Happy Life dan profesor di Center for Neural Science di New York University di New York, Wendy Suzuki menuturkan bahwa olahraga di pagi hari dapat meningkatkan kekuatan kinerja pada otak. 

Berdasarkan buku yang ditulisnya, hal itu terjadi karena neurotransmiter (pembawa pesan dalam tubuh) paling tinggi terjadi pada pagi hari, yang dapat membuat otak untuk belajar dan mengingat sepanjang hari.

Satu studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ) menemukan bahwa orang dewasa yang yang olahraga di pagi hari memiliki fungsi otak yang lebih baik, termasuk dalam mengambil keputusan dan meningkatkan memori jangka pendek. 

Dilansir melalui laman The Healthy, para peneliti yang menerbitkan temuan mereka dalam jurnal Healthy Psychology juga mengungkapkan bahwa berencana untuk melakukan kebiasaan sehat seperti berolahraga di pagi hari lebih mungkin bertahan untuk konsisten daripada yang melakukan olahraga pada malam hari. 

 

 

Simak Video Menarik Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat

Selain itu, studi ketiga yang diterbitkan dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise menemukan bahwa olahraga pagi dapat menekan nafsu makan dan penurunan berat badan yang lebih besar.

Hal itu didukung dalam sebuah wawancara tahun 2007, yang dilansir melalui Elite Daily. Kepala petugas sains American Council on Exercise di San Diego, Cedric Bryant, mengatakan, kebiasaan olahraga yang konsistendi pagi hari akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Pelatih dan instruktur di Shadowbox Chicago, Gideon Akande mengatakan, olahraga pagi dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Gerren Liles pelatih di Equinox menyetujuinya, dan mencatat bahwa "endorfin yang dilepaskan dari olahraga pagi dapat memberikan efek positif sepanjang hari".

 

Penulis: Lorenza Ferary

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.