Sukses

Makan Nangka Bisa Bikin Kenyang Bertahan 12 Jam?

Liputan6.com, Jakarta Anda pernah mendengar makan nangka bisa bikin kenyang bertahan lama? Pernyataan ini muncul dalam sebuah serial dokumenter. Dan ahlinya berusaha mengungkap kebenarannya.

Dalam serial dokumenter Netflix yang baru, Cheer, terlihat percakapan antara Gabi Butler - pemandu sorak berusia 22 tahun - dan ibunya, Debbie. Sang ibu dalam adegan bertanya kepada putrinya apakah dia sedang "makan bersih".

"Jika Anda makan nangka, itu sebenarnya bisa menahan perut Anda selama 10 hingga 12 jam tanpa makanan lain," kata Debbie.

Gabi merespons dengan memberi tahu ibunya bahwa dia berolahraga sepanjang hari dan dia perlu makan.

Berbicara tentang nangka, Allison Childress, ahli diet terdaftar dan asisten profesor di departemen ilmu gizi di Texas Tech University menjelaskan bahwa nggak sedikit yang bilang nangka sebagai alternatif daging nabati. Itu karena nangka memiliki "tekstur seperti daging" ketika dimasak.

Selain itu, kata Childress, nangka seperti tahu, yang menyerap rasa apa pun yang dimasak di dalamnya, termasuk rempah-rempah dan bumbu perendam favorit Anda.

Apa Manfaat Nangka untuk Kesehatan?

Berdasarkan database Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam 165 gram nangka mengandung 157 kalori, 40 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan 1 gram lemak. Sementara buah-buahan serupa lainnya seperti apel atau mangga hanya memiliki 0-1 gram protein, berbeda dengan nangka mengandung 3 gram protein per cangkir.

 

2 dari 3 halaman

Nangka kaya vitamin dan mineral

Childress mengatakan, nangka juga kaya vitamin dan mineral. Nangka memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid yang tinggi, yang bisa membantu mencegah dan menurunkan peradangan dan bahkan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Ini juga merupakan sumber kaya vitamin B kompleks, khususnya B6, kata Fitzgerald.

"Vitamin B6, vitamin yang larut dalam air, yakni kunci untuk produksi hormon serotonin (digunakan dalam pengaturan suasana hati) dan norepinefrin (yang membantu tubuh Anda mengelola stres)," jelasnya.

Anda yang suka latihan, kata Childress, nangka merupakan sumber kalium yang solid, yang bisa membantu menenangkan otot yang sakit setelah latihan yang berat, dan magnesium, yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat dan jantung berdetak terus.

Lantas, bisakah nangka membua seseorang tetap kenyang sepanjang hari? Childress bilang sama sekali tidak bisa. "Saat ini juga tidak ada penelitian yang menunjukkan efek ini," ujarnya.

Meskipun nangka mengandung serat pengisi yang cukup, menurut Childress, nangka tidak seharusnya menjadi pengganti nutrisi. Plus, nangka sendiri bukan makanan, tetapi bisa digunakan sebagai camilan.

"Itu tidak akan membuatmu kenyang sepanjang hari?"katanya seperti dikutip Instyle.

Menurutnya jika Anda mengonsumsi nangka bukan berarti tak makan sepanjang hari, tapi nangka bisa dimasukkan sebagai bagian dari diet seimbang dan sehat.

3 dari 3 halaman

Simak video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Nangka, Buah Pengganti Daging Masa Depan bagi Vegetarian