Sukses

Tips dari Dokter Jantung: Makan Kenyang tapi Tak Berlebihan

Makan kenyang tapi tidak berlebihan, Anda bisa coba tips cerdik dari dokter jantung.

Liputan6.com, Jakarta Ingin tetap makan kenyang, tapi tak menyantapnya berlebihan? Anda tak perlu cemas, ada tips cerdik yang bisa Anda coba. 

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay membeberkan rahasianya melalui video yang dikirimkan kepada Health Liputan6.com.

"Pertama-tama, sebelum makan, minum air putih dulu. Air putih ini akan meregangkan lambung. Begitu lambung renggang, dia akan mengirimkan sinyal ke otak agar kamu enggak makan berlebihan," tutur Vito sambil berhadapan dengan sajian makanan lengkap di depan meja. 

"Setelah itu, makan buah. Rasa manis asamnya bisa juga ,mengirimkan sinyal ke otak supaya kita jangan makan berlebihan."

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunyah Pelan-pelan

Langkah selanjutnya, makanan harus dikunyah pelan-pelan. Tujuannya enzim kita cukup menyerap dengan baik. 

"Cara ini juga akan memberikan waktu 20 menit, setelah kita makan pertama (dengan buah). Sebaiknya, tunggu dulu (jeda), jangan dulu nambah," Vito menerangkan.

"Pikir-pikir dulu kalau mau nambah. Malahan kita mungkin enggak mikir mau nambah, tapi tetap kenyang."

3 dari 3 halaman

Porsi Makan

Untuk porsi menu makan, nasi diambil tidak lebih dari sekepalan tangan.

"Kalau saya ya pilih nasi merah karena enggak bikin darah melonjak tinggi. Kerja insulin jadi enggak sampai setengah mati," tambah Vito sambil menyendok nasi merah ke piringnya.

"Agar lauk makin nikmat bisa ditambah sambal. Kunci dari lauk enak ya bumbunya dan sambal. Ukuran lauk yang bisa kita ambil setelapak tangan."

Vito pun mengingatkan sayuran juga penting dimakan. Serat yang terkandung pada sayur membuat kita lebih tahan lama kenyang.

"Jadi, kita enggak pengen makan lagi. Buat sayurnya, kalau saya setengah piring. Dengan demikian, kita tetap kenyang dan lama laparnya," tutup Vito yang bersiap menyantap makanan di piring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.