Sukses

Lakukan 6 Tips Ini Untuk Mengatasi Warna Kulit Tak Merata

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya noda hitam, jerawat, dan bruntusan, tetapi warna kulit yang tidak merata juga merupakan permasalahan kulit yang banyak dikeluhkan sebagian orang, terutama wanita. Jika mempunyai permasalahan warna kulit yang tak merata, Anda harus memastikan terlebih dahulu penyebab utamanya.

Sebaiknya, dalam menangani permasalahan kulit yang seperti ini, Anda tak hanya mengandalkan produk kecantikan, tetapi juga harus memperhatikan tips di bawah ini yang berdasarkan rekomendasi para ahli:

1. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk warna kulit tak merata, Anda harus melakukan pencegahan dengan melindungi diri dari sinar UV yang berbahaya. Tabir surya dapat membantu Anda melindungi kulit dan mencegah sel-sel pigmen dari paparan sinar matahari.

"Penuaan kulit bisa terjadi ketika kulit tidak terlindung dari sinar matahari. Hal ini juga dapat menyebabkan perubahan warna (dischromia) yang mungkin akan sulit ditutup dengan makeup," kata ahli bedah plastik, Julius Few, MD, FACS.

Sinar matahari merupakan penyebab utama munculnya bercak warna kulit Anda. "Perubahan hormon dengan penuaan memungkinkan kulit lebih sensifit terhadap lingkungan dan membuat warna kulit tak merata," ujar dr. Few. Umumnya kondisi pigmentasi kulit merupakan hasil dari perubahan hormon yang dapat mengakibatkan perubahan warna. Hal ini seperti yang dilansir dari Well and Good.

2. Gunakan Retinol Untuk Pengelupasan Kulit Pada Malam Hari

"Kami merekomendasikan retinol dan perawatan berbasis vitamin C untuk meningkatkan penampilan kulit," kata dr. Few. Retinol yang merupakan turunan vitamin A, dapat menstimulasi kolagen, mempercepat pergantian sel yang nantinya akan membantu membuat sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel lama.

Retinol juga dapat membantu Anda memudarkan bintik-bintik hitam. Anda dapat menggunakan retinol hanya saat malam hari karena bahan yang dikandungnya bisa menjadi fotosensitisasi sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap matahari.

2 dari 4 halaman

3. Mencoba Menggunakan Produk Vitamin C Pada Siang Hari

Produk yang mengandung vitamin C dapat menjadi pencerah wajah dan juga antioksidan yang kuat. Vitamin C dapat membantu menangkal radikal bebas, seperti yang berasal dari polusi. Manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan vitamin C adalah berhentinya produksi melanin aktif, sedikit demi sedikit akan memudarkan warna kulit yang tak merata, dan membantu Anda membangun kolagen kembali.

4. Melakukan Eksfoliasi Seminggu Sekali

"Lapisan atas kulit Anda sebagian besar terdiri dari sel-sel kulit mati. Pengelupasan kulit secara teratur dapat membantu mempercepat proses pengangkatan sel-sel kulit mati tersebut sehingga memperlihatkan kulit yang lebih cerah dan lebih halus di bawahnya," kata ahli Dermatologi, dr. Laura Scott. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Forbes.

3 dari 4 halaman

5. Memperhatikan Kemerahan Pada Kulit

Jika kemerahan merupakan masalah utama kulit Anda, pastikan untuk menentukan apakah Anda menderita rosacea atau tidak. Ketika Anda mengalami kemerahan yang bukan tanda rosacea, dr. Scott merekomendasikan krim penenang yang mengandung ceramide untuk membantu menenangkan kemerahan tersebut.

Bahan lain, seperti niacinamide juga dikenal sebagai vitamin B3 yang ternyata juga efektif untuk menenangkan kemerahan. "Penting juga untuk tidak melakukan eksfoliasi berlebihan atau menggabungkan terlalu banyak produk karena dapat membuat kulit Anda lebih sensitif dan rentan terhadap kemerahan," ujar dr. Scott.

6. Dapatkan Perawatan Laser

"Baik hiperpigmentasi maupun eritema dapat menyebabkan warna kulit tidak merata. Hal ini dapat diobati dengan laser atau prosedur medis lainnya," kata ahli dermatologi dan pendiri SLMD Skincare, dr. Sandra Lee. Dia juga menambahkan bahwa perawatan untuk mengatasi kemerahan ini juga tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Keringat Saat Berolahraga, Penghalus Kulit Wajah Alami