Sukses

Mudah, Begini 6 Cara Mengatasi Perasaan Insecure

Insecure merupakan perasaan ketidaknyamanan dalam kondisi tertentu. Setiap orang mempunyai rasa insecure yang berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta Insecure merupakan istilah yang digunakan untuk perasaan ketidaknyamanan seseorang terhadap suatu hal dalam berbagai kondisi. Bisa saja, saat ini Anda sedang merasa insecure terhadap diri sendiri.

Dengan munculnya perasaan yang tidak nyaman tersebut, dapat mengganggu Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi rasa insecure Anda:

1. Pahami Apa yang Anda Rasakan

Seperti yang dilansir dari Everday Health, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda merasa tidak nyaman sejak awal karena rasa insecure dapat memiliki banyak penyebab. Namun, tak peduli apa penyebabnya, Anda dapat merasa lebih baik jika mengetahui akar dari rasa insecure tersebut.

2. Mengubah Perspektif Anda

Cobalah untuk memikirkan diri sendiri dan pikirkan hal-hal yang Anda lakukan serta yang orang lain hargai. Berhentilah memandang diri Anda dengan kritis. Anda adalah satu-satunya orang yang menghakimi diri sendiri dengan keras.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Melakukan Hal Terbaik yang Anda Ketahui

Anda dapat menemukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan baik, seperti menemukan hobi di mana Anda unggul sehingga dapat membantu untuk membangun kepercayaan diri. Jika Anda tak memiliki kegiatan tertentu, lanjutkanlah pendidikan Anda hingga menemukan sesuatu yang menarik minat Anda.

4. Berikan Hadiah Pada Diri Sendiri Untuk Pekerjaan yang Dilakukan dengan Baik

Keberhasilan apa pun, sekecil apa pun, harus Anda akui. Untuk setiap tujuan Anda yang tercapai, berikanlah hadiah untuk diri Anda sendiri. Fokus pada penghargaan untuk diri sendiri dapat membantu Anda menghilangkan pandangan negatif pada masa yang akan datang.

3 dari 3 halaman

5. Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain dapat melelahkan Anda untuk berjuang melawan rasa insecure. Sebaiknya, lakukanlah apa yang terbaik untuk Anda sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Hal ini sesuai dengan yang dilansir dari Be More Withless.

6. Meminta Bantuan Kepada Orang Lain

Jika Anda membutuhkan bantuan dari orang terdekat, seperti orangtua, teman, atau pasangan untuk mendukung serta membimbing anda dalam segala hal. Bisa saja dengan meminta bantuan kepada orang terdekat dapat mengurangi rasa insecure Anda.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.