Sukses

4 Fakta Vidi Aldiano Kena Kanker di Ginjal

Kabar adanya kanker di ginjal yang disampaikan langsung oleh Vidi Aldiano tentu membuat sebagian orang terkejut.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Vidi Aldiano hari ini mengungkapkan bahwa ia tengah berjuang melawan kanker. Kabar ini ia sampaikan siang ini lewat akun Instagram pribadi pria 29 tahun ini @vidialdiano.

"I have cancer," tulis Vidi Aldiano di keterangan Instagram TV-nya.

Kabar yang disampaikan langsung oleh Vidi tentu membuat sebagian orang terkejut. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir Vidi terlihat baik-baik saja. Bahkan, lewat unggahan di Instagram Story, pelantun lagu "Nuansa Bening" ini tampak masih menyanyi di beberapa kesempatan.

Berikut beberapa fakta mengenai kanker di ginjal Vidi Aldiano:

1. Diagnosis kanker pada minggu lalu

Diagnosis sel kanker yang ada di tubuh Vidi baru diketahui pekan lalu.

"Baru minggu lalu tahu ada cancer di ginjal gue, tepatnya ginjal kiri," kata Vidi di Instgram TV tersebut.

Setelah diketahui ada sel kanker di ginjalnya, dokter yang menangani pria ini melakukan aneka pemeriksaan, termasuk PET Scan.

Melansir Klik Dokter, PET Scan merupakan pencitraan tiga dimensi berwarna untuk mendeteksi perubahan atau aktivitas sel dalam tubuh dengan memakai zat radiofarmaka. Dengan teknologi kedokteran nuklir, PET-CT Scan bisa memberi gambaran tepat lokasi sel-sel tubuh yang berkembang tidak normal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Awalnya Kista

Vidi juga menceritakan bahwa sebelum diagnosis sebagai sel kanker di ginjal kiri, beberapa bulan lalu ditemui kista di area tersebut.

"Tadinya awalnya cuma kista terus turns out menjadi sesuatu yang lain (kanker)," kata Vidi.

 

3. Pengobatan di Singapura­­

Deteksi serta pengobatan kanker pada ginjal Vidi tidak dilakukan di Indonesia, melainkan negara tetangga Singapura. Itu sebabnya dalam beberapa bulan terakhir, pria yang pernah bercita-cita menjadi dokter ini sering bolak-balik Indonesia-Singapura.

"Mungkin banyak yang tanya dalam beberapa bulan lalu kenapa sering bolak-balik Singapur. hari ini baru bisa gw kasih tahu alasannya," tutur Vidi.

 

3 dari 4 halaman

4. Jalani Operasi di Singapura

Setelah dokter sudah menegakkan diagnosis ada sel kanker di ginjalnya, Vidi menjalani operasi pengangkatan sel kanker. Tindakan tersebut dijalaninya pada Jumat, 13 Desember 2019.

"Keputusan terbaik sudah diambil. Insya Allah, hari ini gue akan melaksanakan operasi. By the time video ini rilis gue udah masuk ruang operasi," tutur Vidi.

 

4 dari 4 halaman

Doa Mengalir Deras untuk Kesembuhan Vidi

Dalam video di Instagram TV berdurasi 2 menit 14 detik itu, Vidi meminta doa dari teman-teman dan penggemarnya agar operasi kanker berjalan lancar dan bisa sembuh.

"Semoga operasi berjalan dengan lancar, semoga penyakit di ginjal gue bisa diangkat hari ini dengan aman," katanya.

"Mohon doa dari semua teman-teman semoga aman lancar, aman, semoga cancer di ginjal bisa diangkat bersih, dan bisa sembuh dengan total," katanya diakhiri senyuman.

Di kolom komentar, doa untuk Vidi pun mengalir deras. Mulai dari teman-temannya sesama publik figur hingga penggemarnya.

"Kita perangi ini brsama!!!," ketik penyanyi Nino Kayam @ninokayam.

"semangat Vid!! insyaAllah diberikan kesembuhan!! support!!," kata presenter @omeshomesh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini