Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Mengenal Manfaat Pil KB, Mulai dari Cegah Kehamilan hingga Kurangi Risiko Kanker

pil KB masih menjadi satu metode perencanaan keluarga yang menjadi faovrit perempuan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini masih banyak perempuan yang ragu dan bingung memilih kontrasepsi. Tak jarang pula wanita enggan menggunakan kontrasepsi karena berbagai mitos yang beredar.

Ada banyak macam kontrasepsi yang bisa pilih oleh perempuan, salah satu diantaranya adalah pil KB. Mengutip rilis yang diterima Health Liputan6.com dari DKT Indonesia, pil KB masih menjadi satu metode perencanaan keluarga yang menjadi faovrit perempuan di Indonesia.

Pil KB punya beragam manfaat, antara lain seperti dipaparkan oleh dr Matthew Simangunsong Sp.OG:

  • Efektif untuk menunda kehamilan apabila diminum secara teratur setiap hari, pada jam yang sama, dengan tingkat efektivitas 99 persen.
  • Mengonsumsi pil KB membantu megurangi jumlah darah haid sehingga mengurangi risiko anemia
  • Menyeimbangkan hormon, sehingga membantu menstruasi menjadi teratur- Mengurangi risiko kanker ovarium, sebuah riset terbaru yang dilakukan dengan kroscek data kesehatan terhadap 1,9 juta perempuan berusia 19 hingga 49 tahun, menemukan bahwa penggunaan pil KB kombinasi yang memiliki kandungan hormon estrogen dan progestron dapat mengurangi risiko kanker ovarium sebesar 21 persen.
  • Mengembalikan kesuburan dengan cepat apabila ibu berhenti mengonsumsinya karena ingin hamil kembali.
  • Pil KB saat ini mengandung hormonal yang rendah serta diciptakan denga nilai lebih, salah satunya memiliki kandungan zat besi. Zat besi diperlukan untuk mengurangi riisko anemia pada perempuan, terutama saat menstruasi.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.