Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Lama Waktu Cuti Berhubungan Seks Usai Operasi Caesar

Usai operasi caesar, Anda sebaiknya cuti berhubungan seks dulu.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun Anda tidak melahirkan normal melalui vagina, berhubungan seks  setelah operasi caesar jadi pertimbangan. Baik persalinan normal maupun caesar, pasca melahirkan tetap memengaruhi mood bercinta.

"Pada umumnya, persalinan menekan keinginan untuk berhubungan seks selama beberapa minggu pertama atau lebih," kata pendiri Institut Ginekologi Chicago, Nicole Williams, dikutip Women's Health Magazine, Minggu (17/11/2019).

Oleh karena itu, rencanakan enam hingga delapan minggu selepas operasi caesar untuk cuti dari hubungan seks. 

“Alasan pentingnya karena Anda baru saja menjalani operasi caesar yang besar, yang memotong semua lapisan perut untuk mencapai rahim. Semua lapisan itu, terutama lapisan berotot, harus sembuh dulu sepenuhnya," jelas Nicole.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sayatan Berpotensi Terbuka

Seks adalah aktivitas yang dilakukan intens sehingga memberikan waktu untuk pulih selepas melahirkan caesar adalah solusi. 

Seperti yang ditunjukkan Nicole, rahim juga berisi bagian otot. 

"Ketika perut masih membesar usai operasi caesar dan mengalami orgasme, itu bisa menyebabkan kram melalui pelepasan hormon tertentu," tambah Nicole.

"Terlebih lagi, aktivitas seks berpotensi membuka kembali sayatan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.