Sukses

Ukuran Payudara dan Bentuk Puting Tak Pengaruhi Produksi ASI

Ukuran payudara dan bentuk puting jadi salah satu hal yang wanita khawatirkan ketika hendak menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Ukuran payudara dan bentuk puting jadi salah satu hal yang wanita khawatirkan ketika hendak menyusui buah hatinya. Terlebih bagi wanita dengan payudara kecil dan puting datar. 

“Asal bayinya menyusu langsung. Jangan khawatir ya buat para moms yang sedang menyusui," kata konselor laktasi dokter Ameetha Drupadi ditemui di ICE BSD Tangerang beberapa waktu lalu.

"Jangan khawatir, mau payudaranya besar, payudaranya kecil atau ukuran puting. Itu enggak masalah," lanjutnya. 

Ameetha menjelaskan bahwa yang terpenting saat bayi menyusu adalah pelekatan. Pastikan saat bayi menyusu tidak hanya puting tapi hingga masuk ke areola.

"Jadi, kalau bayi menghisap sampai areolanya masuk semua, itu ASI yang dihisap akan keluar dan akan banyak,” kata Ameetha.

Areolah adalah kunci saat menyusui. Di dalam kulit areola itu terdapat banyak kelenjar ASI. Sehingga jika bayi hanya menyusu dari ujung puting, ASI tetap tidak akan keluar ataupun hanya sedikit.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puting Datar Bukan Masalah

Bagi pemilik puting datar juga jangan khwatir. Tidak perlu ditarik-tarik karena akan menonjol sendiri setelah beberapa kali menyusui.

Namun jika memang kondisi puting terlalu masuk hingga sulit menyusui, boleh sedikit ditarik. Ameetha menyarankan menariknya dengan nipple puller atau dari spuit yang ujungnya dipotong.

“Itu bisa dilakukan namun tidak harus. Karena dengan menyusui langsung, walaupun putingnya datar, bayi tetap bisa menyusu,” kata Ameetha.

Penulis : Selma Vandika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.