Sukses

Pentingnya Ibu Baru Bergabung Komunitas

Liputan6.com, Jakarta - Pengalaman pertama menjadi seorang ibu memang dipenuhi dengan berbagai tantangan dan tekanan. Hasil penelitian tahun 1992, The Relationship Between Social Support And Maternal Behaviors And Attitudes: A Meta-Analytic Review, membuktikan bahwa dukungan dari teman dan keluarga bisa membantu ibu baru dalam mengatasi stres dengan lebih baik.

Ibu yang mendapat dukungan dari keluarga, dan komunitas cenderung memiliki kepercayaan diri sebagai orangtua yang lebih tinggi. Mereka juga tidak mengalami banyak kesulitan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan.

Support system sangat penting bagi ibu

Ketua komunitas Orami, Bunga Mega mengatakan bahwa kaum Ibu termasuk golongan yang rentan untuk merasa tertekan dan depresi. Hal ini diakibatkan oleh tingginya ekspektasi masyarakat dan keluarga kepada ibu.

Oleh sebab itu, penting bagi seorang ibu untuk dapat menyalurkan emosi sesuai porsinya. Di sinilah keberadaan support system menjadi sangat penting.

Psikolog Rena Masri, S.Psi, M.Si, juga menekankan bahwa support system merupakan hal yang penting dalam menjadi orangtua terutama ibu. Menurutnya, support system bisa berupa pasangan, keluarga, teman dan komunitas.

 

 

2 dari 2 halaman

Bila Tidak Ada Support System

Rena menambahkan bahwa ibu yang tidak mendapat dukungan cenderung merasa stres dan gelisah. Bila tidak segera ditangani, maka bisa berujung pada depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Studi oleh The University of Chicago, Amerika Serikat, juga menemukan hal yang mengkhawatirkan. Pengalaman yang membuat stres cenderung mengurangi dukungan yang diterima.

Hal ini diakibatkan oleh reaksi alamiah orang untuk mundur dan kurang berusaha untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Pengalaman ini umum terjadi saat orangtua merasa kewalahan bekerja sekaligus mengurus anak, sehingga mulai jarang meluangkan waktu untuk teman dan keluarga.

Dilansir dari Psychology Today, perilaku tersebut justru tidak boleh dilakukan. Semakin banyak dukungan sosial penuh kasih sayang yang mengelilingi orangtua dan bayi, semakin sehat dan bahagia pula masa pertumbuhan si Kecil.

Head of Community Orami, Bunga Mega menjelaskan bahwa support system yang ideal seperti komunitas sesama ibu sangat penting. Apalagi berbicara dengan sesama perempuan memang terasa lebih nyaman.

“Dengan adanya wadah ini (komunitas), mereka terbantu untuk engga sekedar sharing ataupun bertanya tapi juga menemukan support system yang penting banget buat mereka sendiri. Khususnya ibu baru yang sering merasa sendirian di tengah rutinitas mengasuh anak. Komunitas bisa membantu mengatasi perasaan sendiri itu,” kata Bunga.

Penulis : Selma Vandika

Loading
Artikel Selanjutnya
Usai Aniaya Ibu Kandung, Pria Ini Umumkan Kabar Duka di Masjid
Artikel Selanjutnya
Top 3: Chat Nyeleneh Ibu dan Anak Bikin Tidak Berhenti Tertawa