Sukses

Tidak Memiliki Waktu Luang Bukan Alasan untuk Tidak Berolahraga

Olahraga sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, tapi sayangnya tidak menjadi prioritas kebanyakan orang

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Preventing Chronic Disease mengungkapkan bahwa banyak orang memiliki waktu luang untuk olahraga. Tetapi kebanyakan dari mereka hanya menghabiskan waktunya untuk menatap layar ponsel selama berjam-jam.

"Ada persepsi umum yang menyatakan bahwa kurangnya waktu luang adalah alasan utama seseorang tidak bisa melakukan aktivitas fisik (olahraga) yang cukup. Padahal, tidak ada bukti yang tepat untuk itu," kata seorang dokter sekaligus peneliti, Deborah Cohen seperti dikutip Live Science, Selasa (29/10/2019).

Penelitian yang menganalisis lebih dari 32.000 orang di Amerika ini dilakukan dalam waktu dua tahun, dan mencatat aktivias orang-orang berusia di atas 15 ke atas mengenai selama 24 jam.

Hasilnya, rata-rata orang memiliki waktu luang sebanyak lima jam per hari. Sebagian besar waktu ini dihabiskan untuk menonton TV atau menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel atau komputer ketimbang melakukan olahraga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Memilih Santai Ketimbang Olahraga

Secara keseluruhan, pria tercatat memiliki hampir enam jam waktu luang per hari. Sedangkan wanita memiliki lima jam waktu luang per hari. Kelompok yang memiliki waktu luang tersedikit adalah wanita berusia 25 hingga 60 tahun, yang tercatat hanya memiliki 4,5 jam waktu luang per hari.

Dari waktu luang yang ada, tercatat bahwa pria rata-rata menggunakan 3,5 jam dan wanita 3 jam waktunya untuk menatap layar ponsel setiap hari. Artinya, ada banyak waktu yang sebenarnya bisa digunakan untuk ber-olahraga dan alasan tidak ada waktu luang menjadi tidak valid.

"Meningkatkan kesadaran publik mengenai bagaimana mereka lebih bijaksana dalam menggunakan waktu luangnya bisa membantu seseorang untuk menjadi lebih aktif secara fisik," ucap Cohen.

Cohen menambahkan, Anda bisa melakukan setidaknya 20 atau 30 menit saja per harinya untuk melakukan aktivitas fisik. Apabila mengikuti pedoman, Anda direkomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik selama 150 menit per minggunya.

"Untuk membuat lebih banyak orang senang berolahraga, aktivitas fisik perlu dibuat lebih nyaman dan menarik untuk bersaing dengan layar ponsel yang Anda gunakan," tutup Cohen.

Penulis: Diviya Agatha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini