Sukses

Infeksi yang Dialami Ibu Baru Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan masih ada rasa sakit yang dialami wanita.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa sakit saat melahirkan masih terasa saat bayi sudah berada di gendongan kita.  Setelah melahirkan, seorang perempuan masih harus menahan rasa sakit selama beberapa pekan, bahkan ada yang sampai berbulan-bulan. Terkadang rasa sakit itu diabaikan begitu melihat sang buah hati yang sudah lahir dengan sehat dan selamat.

Walau begitu, kesehatan ibu pasca melahirkan tetap harus diperhatikan. Apabila tidak mendapatkan perawatan dan penanganan tepat saat dan setelah melahirkan, ada macam-macam infeksi yang menghantui.

Untuk menigkatkan kesadaran tentang risiko infeksi ini, Sahabat Dream bisa membaca ulasan singkat mengenai macam-macam infeksi yang mungkin terjadi setelah melahirkan beserta tanda-tandanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infeksi Setelah Melahirkan

Seorang perempuan yang hendak melahirkan memiliki waktu penyembuhan berbeda-beda. Ada yang sudah sembuh dalam waktu singkat, tapi ada pula yang membutuhkan waktu cukup lama. Umumnya, ibu dan bayi, diperbolehkan pulang dari rumah sakit 2-5 hari setelah melahirkan, tergantung kondisi ibu dan bayi.

Tanda infeksi pasca melahirkan, biasanya baru muncul setelah sampai di rumah. Namun, tidak menutup kemungkinan infeksi bisa dialami dan diketahui sesaat setelah melahirkan. Ada beberapa macam infeksi yang umum terjadi pada perempuan setelah melahirkan, seperti infeksi vagina hingga infeksi kandung kemih.

Setiap infeksi memiliki penyebab dan tanda berbeda-beda. Waktu kemunculan dan penyembuhannya juga beragam, tergantung pada kondisi ibu. Ada infeksi yang baru diketahui beberapa pekan pasca melahirkan, ada juga infeksi yang langsung bisa diketahui.

Penulis : Siwi Nur/ Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.