Sukses

Mengakhiri Rasa Cemburu dengan Mantan Kekasih si Dia

Rasa ingin tahu tentang hubungan pasangan dengan sang mantan adalah hal yang normal.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal aneh bila penasaran mengenai sosok mantan kekasih si Dia sebelum menjalin hubungan dengan Anda. Rasa ingin tahu tentang hubungan pasangan dengan sang mantan adalah hal yang normal. 

“Sama sekali tidak aneh untuk bertanya-tanya tentang riwayat hubungan pasangan. Setiap orang butuh kepastian bahwa dirinya adalah satu-satunya. Namun,rasa ingin tahu itu berbeda ya dari rasa khawatir dan cemas,” kata psikoterapis klinis berlisensi, Dr LeslieBeth Wish kepada Elite Daily, dilansir Rabu (16/10/2019).

Ada berbagai alasan seseorang penasaran dengan mantan kekasih pasangan. Salah satunya dugaan masih adanya perasaan sayang pasangan Anda kepada mantannya.

Tentu hal yang wajar bila Anda merasa kurang nyaman ketika dia masih berteman dengan sang mantan. Terkadang hubungan seseorang dengan mantan kekasih hanya berlandaskan pertemanan semata. Tidak lebih.

Namun, jika dia terlalu protektif serta defensif ketika ditanya soal pertemanan dia dengan mantan kekasihnya, wajar bila Anda khawatir.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memahami hubungan dia dengan mantan

Psikoterapis itu juga menyarankan untuk menyimpan sebuah buku jurnal agar Anda tidak larut dalam perasaan stres dan bisa lebih memahami sikap serta pemikiran terkait hubungan si Dia dengan mantan. Anda bisa menyelidiki isi pikiran sendiri dengan menuliskan jawaban dari pertanyaan berikut :

 

- Apa yang menarik dari pasangan?

- Apakah saya sering terjebak dalam pola hubungan yang sama?

- Seperti apakah pola itu?

- Seberapa terburu-burunya saya dalam mencari pasangan?

- Seperti apa kemampuan saya dalam 'membaca' seseorang?

Jika menulis jurnal tidak terlalu membantu menenangkan pikiran Anda, cobalah bercerita dengan orang terpercaya seperti sahabat atau anggota keluarga. 

 

Penulis : Selma Vandika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.