Sukses

Saat Batuk Pilek, Hindari Mencium Bayi di Area Tubuh Ini

Pesan dokter anak, hindari mencium bayi pada area tubuh ini saat didera batuk pilek.

Liputan6.com, Jakarta Saat didera batuk pilek (commond cold), kita harus berhati-hati bila berdekatan dengan bayi, terlebih lagi menciumnya. Ini karena bayi bisa saja tertular batuk pilek.

"Kalau lagi batuk pilek, saya selalu sarankan kepada klien, jangan mencium bayi pada area wajah dan telapak tangan. Karena pada area ini bakteri mudah masuk," jelas dokter spesilalis anak Kanya Fidzuno saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, ditulis Rabu (16/10/2019).

Ketika kita memang merasa batuk pilek, sebaiknya tidak terlalu dekat dengan bayi. Untuk sementara waktu, Anda tidak perlu menggendong, memeluk, dan mencium bayi.

"Ya, pokoknya, jangan dekat-dekat dulu sama bayi kalau lagi batuk pilek. Ini perlu juga dikasih tahu terhadap orang-orang di sekitar bayi, mungkin di antara mereka ada yang lagi batuk pilek," lanjut Kanya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Percikan Ludah Terhirup

Mungkin beberapa orang tidak tahan melihat tingkah lucu bayi. Terkadang candaan sederhana bisa membuat bayi tertawa. Walaupun begitu, bila sedang batuk pilek, tetap harus menghindari dekat bayi.

"Okelah, kita enggak cium sih atau gendong, hanya bercanda main 'Cilukba' misalnya. Nah, ternyata pas ngomong, 'Cilukbaaa' ada percikan ludah yang enggak kita sadar keluar. Hal ini pun enggak sengaja kena bayi dan terhirup. Karena itu, bayi bisa tertular batuk pilek," jelas Kanya, yang berpraktik di RS Hermina Jatinegara.

Di sisi lain, agar menjaga bayi tetap sehat dan terhindar dari penularan penyakit, Kanya menyarankan, sebelum memegang bayi, kita perlu cuci tangan pakai sabun. Tangan yang bersih akan menghindari kuman menempel dan menular pada bayi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.